Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafari. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafari. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Penasihat KPK Mundur

Nasional kpk
Fachri Audhia Hafiez • 29 November 2019 15:05
Jakarta: Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohammad Tsani Annafari resmi mengundurkan diri. Surat keputusan (SK) pemberhentian sebagai penasihat telah ditandatangani pimpinan Lembaga Antirasuah.
 
"SK ini merupakan respons dari permohonan pengunduran diri saya yang sudah saya ajukan per tanggal 13 September 2019," kata Tsani di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 29 November 2019.
 
SK tersebut efektif berlaku 1 Desember 2019. Ia enggan bicara jauh mengenai pengunduran dirinya. Namun, ia sempat menyatakan akan mundur bila ada pihak yang cacat etik terpilih sebagai pimpinan KPK periode 2019-2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia tidak ingin dicap memprovokasi pegawai KPK lainnya. Ia berharap pegawai lainnya tetap menjaga marwah KPK.
 
"Kalau anda hanya bagian kecil, katakanlah Anda kerikil. Maka jadi kerikil yang memastikan orang-orang berniat jahat kepada lembaga ini pada amanat rakyat ini tidak leluasa melakukan pekerjaan mereka," ujar Tsani.
 
Tsani akan kembali ke instansi lamanya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu). "Saya akan kembali ke Kemenkeu tepatnya di Sekretariat Jenderal, dan saya akan menunggu perintah," ujar Tsani.
 
Dua penasihat KPK lainnya, Budi Santoso, dan Sarwono Sutikno, juga mengundurkan diri. Namun keduanya masih melanjutkan jabatan hingga pimpinan KPK periode 2015-2019 berakhir.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif