Disk Jockey (DJ) Putri Una Astari Thamrin alias DJ Una. Medcom.id/Siti Yona
Disk Jockey (DJ) Putri Una Astari Thamrin alias DJ Una. Medcom.id/Siti Yona

Diperiksa 7 Jam Lebih, DJ Una Jelaskan soal Investasi di DNA Pro

Nasional polri dj una Investasi Bodong Penipuan investasi
Siti Yona Hukmana • 26 April 2022 06:38
Jakarta: Disk Jockey (DJ) Putri Una Astari Thamrin alias DJ Una telah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. DJ Una diperiksa selama tujuh jam lebih sebagai saksi dan korban investasi bodong robot trading DNA Pro Akademi.
 
"Lancar semua. Saya mau terima kasih juga sama semua penyidik yang sangat baik dan ramah. (Walau tadi) lama sih lebih kurang 30-an (pertanyaan)," kata DJ Una di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 25 April 2022.
 
Kuasa hukum DJ Una, Yafet Y W Rissy mengatakan kliennya dicecar 35 pertanyaan dalam dua kapasitas. Yakni, sebagai korban dan saksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai korban DJ Una menjelaskan detail terkait uang yang diinvestasikan di DNA Pro. Baik investasi pribadi, keluarga, dan teman.
 
"Setelah konfirmasi total dana yang diberikan itu mencapai Rp1,5 miliar, yang berhasil di-withdraw Rp635 juta. Jadi, ada selisih Rp920 juta yang tidak bisa ditarik, jadi total kerugian mencapai Rp900-an juta, " ungkap Yafet.
 
Baca: DJ Una Bantah Jadi Brand Ambassador Robot Trading DNA Pro
 
Dia mengaku telah menyerahkan bukti ke penyidik berupa dokumen. Seperti bukti transfer dari rekening Una ke PT DNA Pro, dan legalitas DNA Pro yang diklaim mengantongi izin dari berbagai pihak.
 
"Termasuk, prospektus yaitu skema berinvestasi di DNA Pro yang katanya kalau invest akan dapat berapa untungnya, " ucap Yafet.
 
Dia menerangkan secara global, prospektus keuntungannya adalah 1 persen per hari. Jadi, satu bulan bisa mencapai 20 persen. Menurut dia, angka itu sangat fantastis.
 
"Kalau 1 bulan 20 persen, setahun berapa ya, kali saja. Bandingkan saja dengan bank yang hanya 6 sampai 7 persen dan paling tinggi 10. Ini skema iming-iming dalam memberi janji pada siapa pun, temasuk Una untuk invest di DNA Pro," beber dia.
 
Dia kembali menegaskan kliennya bukan brand ambassador DNA Pro. DJ Una sebatas ikut berinvestasi dan pernah menjadi DJ di acara DNA Pro.
 
Sementara itu, sebagai saksi, DJ Una menjelaskan panjang lebar soal keterlibatannya dalam investasi DNA Pro. DJ Una berinvestasi diajak Oki Firzana, bahkan sempat dijanjikan berbagai hadiah termasuk 3 mobil Honda C-RV dan 3 Honda Brio  
 
"Itu yang dijanjikan jika berhasil memenuhi skema investasi, ternyata semua bohong, omong kosong, dan sampai Januari kemarin dana enggak bisa ditarik dan hadiah tidak pernah diterima Una, teman, dan keluarga, " tutur Yafet.
 
Polisi tengah menelusuri aset para tersangka dan memeriksa para artis yang diduga menerima aliran dana dari tersangka. Pengusutan aliran dana gue mengembalikan kerugian korban. Polisi menaksir kerugian korban investasi bodong DNA Pro mencapai Rp97 miliar.
 
Bareskrim Polri menetapkan 12 tersangka dalam kasus DNA Pro. Sebanyak lima tersangka masih dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.
 
Sementara itu, tiga tersangka, yakni Daniel Zii, Eliazar Daniel Piri, dan Ferawaty sudah dicekal dan diterbitkan red notice. Ketiganya diduga berada di Turki.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif