Irman Bakal Hadirkan Hamdan Zoelva di Sidang PK
Terpidana kasus suap gula Irman Gusman dan kuasa hukumnya SF Marbun - Medcom.id/Damar Iradat.
Jakarta: Terpidana kasus suap gula Irman Gusman berencana menghadirkan mantan ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva dalam sidang peninjauan kembali (PK). Hamdan merupakan satu dari sejumlah ahli yang akan dihadirkan pihak Irman sebagai pemohon.

"Ada bebrapa ahli yang kita akan hadirkan, ada Pak Hamdan Zoelva," kata tim kuasa hukum Irman, SF Marbun di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Oktober 2018.

Marbun melanjutkan pihaknya juga telah menyerahkan beberapa novum atau bukti baru tertulis. Novum itu, kata dia, merupakan pendapat dari para ahli.


Ia menyebut sejumlah novum diperoleh dari putusan Irman di pengadilan tingkat pertama maupun pendapat ahli sebelum sidang. Ia berharap semua pandangan para ahli itu dapat menjadi pertimbangan hakim.

(Baca juga: Irman Menilai Putusan Hakim Tipikor Keliru)

"Oleh karena itu ada putusan yang novumnya ditemukan setelah peristiwa terjadi, ternyata dipertimbangkan oleh hakim, itu juga kita sampaikan. Jadi mengenai novum ini ada perkembangan pendapat," tegas dia. 

Terpisah, Irman mengaku optimistis Mahkamah Agung (MA) akan mengabulkan permohonan PK. Ia meyakini dirinya tak bersalah.

"Insyaallah (dikabulkan)," tutur Irman.

Irman sebelumnya divonis 4,5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta. Irman dinilai terbukti menerima suap dalam kasus pengadaan gula Bulog di Sumatera Barat. Hakim juga mencabut hak politik Irman selama tiga tahun.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id