Menhan Prabowo Subianto menghadiri rapat kabinet pertama setelah dilantik. Foto: Media Indonesia/Ramdani
Menhan Prabowo Subianto menghadiri rapat kabinet pertama setelah dilantik. Foto: Media Indonesia/Ramdani

Prabowo Ingin Mahasiswa Jadi Perwira Cadangan

Nasional pertahanan negara
Nur Azizah • 11 November 2019 17:40
Jakarta: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ingin Indonesia memiliki komponen cadangan pertahanan. Komponen tersebut bisa dari kalangan mahasiswa.
 
"Contoh kerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk menyusun komponen cadangan, latihan perwira cadangan, latihan untuk komponen cadangan," kata Prabowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 11 November 2019
 
Prabowo juga ingin siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) mulai dilatih untuk menjadi perwira cadangan. Konsep ini sudah diterapkan di Amerika serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagai contoh kalau lihat di US sumber perwira itu mereka dapat dari akademi militer mungkin 20 persen, 80 persen adalah perwira cadangan dari universitas," ujar dia.
 
Prabowo menyampaikan pertahanan negara bisa dilakukan dengan cara militer dan nirmiliter, fisik dan nonfisik. Pertahanan militer secara fisik meliputi komponen utama, cadangan, dan pendukung.
 
"Komponen utama adalah TNI harus siap menghadapi. Komponen non-militer ada unsur lain, ada peran kementerian di luar bidang pertahanan," ujar dia.
 
Prabowo berharap pertahanan Indonesia kuat, berdaulat, dan mandiri. Dengan begitu, pertahanan bisa memberikan keamanan bagi seluruh Indonesia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif