Koordinator KontraS, Yati Andiyani. Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
Koordinator KontraS, Yati Andiyani. Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id

Polisi Diminta Transparan dalam Kasus Kerusuhan 21-22 Mei

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
Candra Yuri Nuralam • 01 Juli 2019 17:37
Jakarta: Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) meminta Polri transparan dalam penyelidikan kerusuhan yang terjadi pada 21-22 Mei 2019. Sebab, hingga kini belum ada kejelasan mengenai penyebab tewasnya beberapa orang saat kerusuhan pecah.
 
"Sampai satu bulan ini tidak ada informasi yang signifikan penyebab kematian, karena Polri baru menyatakan hanya empat memang terkena peluru tajam, tapi selebihnya belum dijelaskan," kata Koordinator KontraS, Yati Andiyani di Kantor KontraS di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Senin 1 Juli 2019.
 
Yati menyayangkan jawaban polisi yang kesulitan mengidentifikasi korban tertebak lantaran proyektil peluru pecah. Padahal, masih ada bukti lain yang bisa diidentifikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi juga tidak membeberkan bukti yang jelas terkait pecahnya proyektil yang menyulitkan investigasi. Seharusnya, kata dia, hal itu dijelaskan kepada publik.
 
"Kemudian bukti-bukti spesifik juga tidak dijelaskan, proyektil itu pecah kita tidak tahu, buktinya apa kalau memang proyektil itu pecah," tutur Yati.
 
Yati meminta kepolisian fokus kepada aktor yang diduga bermain dalam kasus tersebut jika kesulitan dalam mengidentifikasi proyektil. Sehingga, pengungkapan kasus ini bisa terus berjalan.
 
"Dia (polisi jangan) mengidentifikasi bukti-bukti yang spesifik tadi proyektil senjata dan lainnya. Tapi juga secara politik itu harus diungkap, secara sosial itu harus diungkap sebetulnya aktor-aktor siapa saja yang diduga terkait dengan peristiwa ini, untuk nanti kemudian dugaan aktor ini disambungkan dengan temuan bukti di lapangan," ujar Yati.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif