5 Legislator Bantah Terima Uang dari Zumi
Terdakwa kasus suap dan gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi, Zumi Zola (tengah) bergegas seusai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Jakarta: Lima anggota DPRD Provinsi Jambi kompak membantah telah menerima uang dari Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola. Mereka berpendirian tak ada uang yang masuk ke kantong pribadi dari perkara ketok palu. 

Kelima legislator itu adalah Cekman, Elhelwi, Supardi, Parlagutan Nasution, dan Tadjudin Hasan. Mereka tetap membantah menerima uang dari pihak eksekutif meski sudah dikonfrontasi dengan tujuh saksi lainnya di persidangan, Senin, 22 Oktober 2018. 

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, saksi M Juber mengaku telah menyerahkan uang Rp700 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Uang itu sebelumnya diterima oleh tujuh anggota Fraksi Partai Golkar di DPRD Jambi.


Saksi lainnya, Kusnindar dan mantan Asisten Daerah III Provinsi Jambi Saifuddin juga mengaku pernah memberikan uang kepada sejumlah anggota dewan. Uang itu, kata keduanya, agar DPRD menyetujui pembahasan APBD Jambi yang diusulkan eksekutif.

Keterangan para saksi itu nyatanya tetap tak digubris oleh kelima anggota dewan yang dihadirkan sebagai saksi. Mereka tetap berpendirian tidak pernah menerima uang dari pihak eksekutif.

Ketua Majelis Hakim Yanto lantas mengingatkan agar kelimanya bicara jujur di persidangan. Pasalnya, kelimanya sudah disumpah sebelum bersaksi di persidangan.

Baca: Zumi Zola Mengaku Terima Alphard dari Pengusaha

"Saya ingatkan, yang bisa menolong anda adalah diri anda sendiri. Kalau nanti jaksa punya buktinya, ya bisa jadi anda enggak selamat," ujar Hakim Yanto.

Dalam perkara ini, Zumi Zola didakwa menyuap Rp16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu diduga untuk memuluskan pembahasan Rancangan Perda APBD Jambi tahun 2017-2018.

Tidak hanya itu, Zumi juga didakwa menerima sejumlah gratifikasi dengan nilai total Rp44 miliar dan mobil Toyota Alphard. Gratifikasi itu juga diduga mengalir ke keluarga Zumi.





(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id