Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Wasit hingga LO Diusut Satgas Antimafia Bola

Nasional Pengaturan Skor Sepak Bola
Kautsar Widya Prabowo • 29 Oktober 2019 06:27
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola menyebut sembilan orang diduga mengatur skor pertandingan Kalteng Putra vs Persela Lamongan. Mereka masih dalam pemeriksaan di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
"Ada wasit kemudian juga ada instruktur pertandingan ada asisten wasit ada LO (liaison officer) dan sebagainya," kata Ketua Media Satgas Antimafia Bola, Kombes Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Menurut dia, dalam proses pemeriksaan, peran sembilan orang yang diringkus bakal terus digali. Namun, dia menyebut tidak semua yang dibekuk akan menyandang status tersangka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau memang ada alat bukti yang didapat oleh penyidik tentunya nanti akan kita cek kita gelar kan apakah dia memenuhi unsur atau tidak," tutur Argo.
 
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya itu menyebut tidak menutup kemungkinan beberapa pihak yang diduga terlibat dalam pengaturan skor akan dilepas. "Kalau tidak memenuhi unsur kita pulangkan," beber dia.
 
Operasi tangkap tangan (OTT) di Hotel Fover Palangkaraya, Senin, 28 Oktober 2019, pukul 03.00 WIB, terhadap sembilan orang ini berdasarkan laporan dari masyarakat yang diterima call center Satgas Antimafia Bola. Pertandingan Kalteng Putra vs Persela Lamongan diduga diwarnai pengaturan skor.
 
Sembilan orang yang ditangkap dan digiring ke kantor Ditreskrimum Polda Kalteng. Enam di antaranya perangkat pertandingan dan tiga orang lainnya manajemen klub. Kesembilan orang tersebut berinisial IPJ, MCS, KRD, DST, JRE, FAN, KFH, FAG, dan HMN.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif