Ilustrasi anggota TNI. Medcom.id
Ilustrasi anggota TNI. Medcom.id

Dankormar Minta Penambahan Prajurit, Ini Respons Panglima TNI

Antara • 21 Januari 2022 18:06
Jakarta: Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) Suhartono memaparkan kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista) dan prajurit di kesatuannya saat kedatangan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Suhartono menilai kesatuannya kekurangan prajurit.
 
"Selain alutsista, kita juga menyampaikan usulan tambahan personel di Korps Marinir," kata Suhartono dipantau dari kanal YouTube di Jakarta, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Dia menjelaskan alutsista yang dioperasikan Korps Marinir ada yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Padahal, keberadaan alutsista sangat krusial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alutsista ini sangat krusial untuk menunjang tugas operasi dan pengamanan Korps Marinir," ujar dia.
 
Dankormar menjelaskan terdapat tiga pasukan marinir (pasmar) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pasmar 1 berada di wilayah DKI Jakarta, pasmar 2 untuk wilayah Jawa Timur, dan pasmar 3 ditempatkan di Sorong, Papua.
 
Suhartono pun mengusulkan ada penambahan pasukan di pasmar 3. Sebab, hanya ada sekitar 1.500 prajurit di pasmar 3.
 
Baca: TNI AL Gagalkan Upaya Pencurian Ikan oleh Kapal Vietnam
 
Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, mengatakan penambahan personel tergantung dengan ketersediaan anggaran. Menurut dia, TNI tidak memiliki kelebihan dana untuk merekrut personel.
 
"Selama kita tidak punya dukungan anggaran yang ekstra untuk penambahan personel, menurut saya sulit terpenuhi," kata dia.
 
Jenderal bintang empat itu memberikan solusi agar dilakukan pengiriman anggota yang tergabung dalam satuan tugas (satgas). Satgas ini bersifat internal dari angkatan laut.
 
"Ini bertujuan untuk mengisi kekurangan personel di tempat yang kosong," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif