NEWSTICKER
Ilustrasi. Antara Foto
Ilustrasi. Antara Foto

Sengketa Lahan Pasar Kemiri Muka, MA Tolak Kasasi Pemkot Depok

Nasional depok
Kisar Rajaguguk • 02 Februari 2017 14:23
medcom.id, Depok: Pemerintah Kota Depok tidak pernah menang dalam pertarungan hukum kasus sengketa lahan Pasar Kemiri Muka di Kecamatan Beji, Kota Depok. Upaya Pemkot Depok merebut lahan Pasar Kemiri Muka kalah di semua tingkatan pengadilan.
 
"Harapan kami bisa memenangkan kasasi di Mahkamah Agung (MA) ternyata juga kandas. Kami sudah menerima putusan kekalahan itu dari MA," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok Ahmad Kafrawi kepada Media Indonesia, Kamis 2 Februari 2017.
 
Kafrawi enggan membeberkan kelemahan Pemkot Depok sehingga kalah dalam gugatan kepemilikan lahan Pasar Kemiri Muka lewat PTUN, PT-TUN dan MA. Ia mengatakan, Pemkot Depok tak berkecil hati jika pengelolaan Pasar Kemiri Muka pindah tangan dan jumlah pasar daerah berkurang dari tujuh menjadi enam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah kalah gugatan sengketa Pasar Kemiri Muka, pasar yang pengelolaannya di bawah Pemkot Depok, yakni Pasar Rakyat Cisalak, Pasar Rakyat Tugu, Pasar Rakyat Agung, Pasar Rakyat Sukatani, dan Pasar Reny Jaya. "Kami harus patuh dan taat hukum."
 
Pada 2008, PT Petamburan menggugat Pemkot Depok atas kepemilikan lahan Pasar Kemiri Muka di Kecamatan Beji seluas 2,6 hektare. Menurut Kafrawi, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan aset. Dengan ditolaknya kasasi oleh MA, Pemkot Depok harus kehilangan pendapatan asli daerah dari Pasar Kemiri Muka
 
Kafrawi mempertanyakan kinerja Biro Hukum Kota Depok dalam mempertahankan aset milik Pemda. Sebab, Kota Depok selalu kalah di pengadilan.
 
"Kami perhatikan dan cermati Kota Depok ini lemah dalam masalah manajemen aset, sangat lemah, dan saya melihat justru merasakan juga kurang ada perhatian yang serius dari kita semua," ujar Kafrawi.
 

(TRK)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif