Ilustrasi. Warga memanfaatkan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM kendaraan bermotor di Gerai SIM Pelayanan Polda Metro Jaya, Mall Pelayanan Publik, Jakarta, Jumat, (22/6). Foto: MI/Pius Erlangga
Ilustrasi. Warga memanfaatkan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM kendaraan bermotor di Gerai SIM Pelayanan Polda Metro Jaya, Mall Pelayanan Publik, Jakarta, Jumat, (22/6). Foto: MI/Pius Erlangga

Korupsi Sektor Layanan Publik Masih Terjadi

Nasional korupsi pelayanan publik
09 Januari 2019 21:55
Jakarta: Indonesia Coruption Watch (ICW) menemukan fakta bahwa masih ada tindak korupsi yang terjadi di sektor layanan publik. Setidaknya ada tiga karakteristik korupsi yang terjadi di sektor layanan publik.
 
Koordinator ICW, Adnan Topan Husodo mengatakan, tiga karakteristik itu yakni; dilakukan oleh pejabat di level jabatan menengah ke bawah, dilakukan secara menyebar dengan nilai korupsi yang kecil, serta dilakukan dalam bentuk pemerasan dan pungli. Pungutannya pun berkisar dari Rp50 ribu hingga Rp200 ribu.
 
"Pungutan yang dilakukan pun berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp200 ribu," jelas Adnan dalam diskusi yang digelar di Kantor Staf Presiden RI, Selasa, 9 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adnan juga menilai perlu adanya perbedaan dalam menangani kasus pungli dengan kasus suap. Menurutnya, hukum saja tidak dapat menjadi dasar pemberantasan pungli, perlu ada perbaikan ekosistem pelayanan publik terutama menyoal regulasi.
 
"Saya kira pada titik tertentu kerja kita akan berhenti dan praktek (pungli) itu akan kembali lagi. Karena tak ada yang mau diubah kalau pendekatannya hanya itu (hukum)," tegasnya.
 
Baca:Sistem OSS Keharusan dalam Mengurus Izin Usaha
 
Pelayanan publik yang tersedia juga harus dapat menciptakan kepercayaan masyarakat. Pelayanan yang cepat, murah, dan transparan dapat menjadi solusi yang bisa dilakukan Pemerintah.
 
"Ketika kita buat pengaduan, yang dibutuhkan adalah seberapa cepat responsnya. Kalau lambat, orang enggak akan mengadu lagi," tambahnya.
 
Ia juga mencontohkan pentingnya pemberian informasi yang jelas kepada masyarkat seperti yang diterapkan di pelayanan swasta seperti bank. (Santa Cicilia Sinabariba)
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif