Peluru Nyasar di Parlemen Identik dengan Glock 17
Ilustrasi. Tersangka IAW melakukan proses rekonstruksi penembakan gedung DPR di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Polisi memastikan tiga proyektil peluru yang ditemukan di Gedung DPR/MPR Senayan identik dengan senjata jenis Glock 17. Kepastian ini didapat usai polisi melakukan uji balistik.

Kepala Bidang Balistik, Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Mabes Polri Kombes Ulung Kanjaya mengaku telah menguji balistik peluru yang ditemukan. Pengujian dilakukan menggunakan comparizon microscope.

"Ini diperbandingkan identik (dengan senjata Glock 17)," kata Ulung di Markas Polda Metro Jaya, Senin, 22 Oktober 2018.


Ulung menjelaskan, pengujian dilakukan dengan cara uji tembak menggunakan jenis peluru dengan kaliber yang sama di shooting box. Hasil uji tembak, kata Ulung, menunjukkan peluru itu 'segaris'.

"Kalau segaris berarti identik. Proyektil itu jika mengenai korban akan meninggal. Kalau ini kan kebetulan nembus gedung tidak timbulkan korban," ungkapnya.

Ulung mengaku akan kembali melakukan uji balistik atas peluru yang ditemukan di kompleks Parlemen. Kali ini uji balistik dilakukan guna membuktikan bisa tidaknya peluru menembus kaca dengan jarak 300 meter. Pengujian akan dilakukan Selasa, 23 Oktober 2018 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

"Apakah itu tembus atau enggak? Pasti tembus. Akan saya jelaskan peluru yang keluar dari laras, ini akan membentuk garis-garis yang sama," jelas Ulung.

Dua proyektil peluru ditemukan di ruang 1601 lantai 16 milik anggota Komisi III Fraksi Partai Gerindra Wenny Warou dan di ruang 1313 lantai 13 milik anggota Komisi III Farksi Partai Golkar Bambang Heri Purnama.

Peluru juga ditemukan di ruang 1008 lantai 10 milik anggota Fraksi Demokrat Vivi Sumantri Jayabaya. Ruang 0915 lantai 9 milik anggota Fraksi Demokrat Khatibul Umam Wiranu dan ruang 0617 lantai 6 milik anggota Fraksi PDIP Effendi Simbolon juga didapati peluru nyasar.

Sementara, ruang 2003 lantai 20 milik anggota Fraksi PAN Totok Daryanto tidak ditemukan peluru. Polri hanya menemukan lubang diduga bekas tembakan.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id