Sofyan Basir dan Kotjo Bicarakan Fee Empat Mata

Achmad Zulfikar Fazli 11 Oktober 2018 17:09 WIB
Korupsi PLTU Riau-1
Sofyan Basir dan Kotjo Bicarakan Fee Empat Mata
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Johannes Budisutrisno Kotjo - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Direktur Utama PLN Sofyan Basir dan bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo diduga telah menyepakati fee yang didapat dari proyek pembangunan PLTU Riau-1. Hal ini terungkap dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Eni Maulani Saragih. 

Dalam BAP, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI itu mengungkapkan pertemuannya dengan Kotjo dan Sofyan. Pertemuan membahas proyek PLTU Riau-1 di Hotel Fairmont Jakarta. 

"Pernah satu hari 2017, kami bertiga bertemu. Pak Kotjo sampaikan progress PLTU Riau-1 ke Pak Sofyan Basir. Akhir pertemuan Pak Sofyan Basir bilang, 'kita sudah selesai bisa enggak saya bicara sengan Pak Kotjo,' silakan," kata JPU KPK membacakan BAP Eni di 
sidang kasus suap proyek PLTU Riau-1 dengan terdakwa Kotjo di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2018.


Beberapa hari kemudian, lanjut jaksa, Eni bertemu dengan Kotjo. Mereka membahas pembicaraan empat mata antara Sofyan dan Kotjo.

(Baca juga: Dirut PLN Disebut Dapat Jatah dari PLTU Riau-1)

"Beberapa hari kemudian, saya ketemu Pak Kotjo. Saya tanya, 'biasa Pak Sofyan Basir minta diperhatiakan. Sudah saya selesaikan kemarin'. Saya pahami ada fee yang disepakati," kata jaksa. 

Kotjo sebelumnya didakwa menyuap Eni dan mantan Menteri Sosial Idrus Marham sebesar Rp4.750.000.000. Suap kepada dua elite Partai Golkar itu dilakukan secara bertahap dari akhir 2017 hingga Juli 2018.

Suap diberikan pada 18 Desember 2017, 14 Maret 2018, 8 Juni 2018, dan 13 Juli 2018. Fulus itu diberikan agar Eni dan Idrus mengegolkan BlackGold Natural Recourses Limited sebagai pemenang lelang pembangunan PLTU Riau-1.

(Baca juga: Sofyan Basir Bahas Proyek PLTU Riau-1 di Rumah Novanto)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id