Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadha. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadha. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Masyarakat Papua Jadi Target Pembinaan dalam Operasi Damai Cartenz

Siti Yona Hukmana • 12 Januari 2022 17:52
Jakarta: Polri mengganti nama Operasi Nemangkawi menjadi Damai Cartenz 2022 untuk menumpas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Namun, target utama operasi ini ialah membina masyarakat Papua.
 
"(Masyarakat Papua) sebagai target operasi, maksudnya target pembinaan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Ramadhan mengatakan anggota Polri yang terlibat dalam Operasi Damai Cartenz akan membina masyarakat Papua dalam berbagai bidang. Di antaranya bidang pertanian dan kesejahteraan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi ada upaya-upaya Polri bersama masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tujuannya menyejahterakan masyarakat. Namanya itu bimas noken atau pendekatan kepada masyarakat," ungkap jenderal bintang satu itu.
 
Baca: Pola Operasi Damai Cartenz Masih Digodok
 
Operasi Damai Cartenz berlaku selama enam bulan mulai 25 Januari 2022. Pemberlakuannya pas saat berakhir Operasi Nemangkawi.
 
Polri belum membeberkan pola kerja dan jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut. Hanya, Ramadhan memastikan cara bertindaknya persuasif dan preventif dengan mengedepankan fungsi intelijen, bimas, serta humas.
 
"Didukung fungsi lain, yakni preventif, Sabhara, dan penegakan hukum (gakkum). Jadi, gakkum itu sebagai fungsi pendukung," ujar Ramadhan.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif