Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Tangkap Mafia Minyak Goreng, Penegakan Hukum di Era Jokowi Tak Pandang Bulu

Nasional presiden joko widodo Kejaksaan Agung Penegakan Hukum Mafia Minyak Goreng
Nia Deviyana • 20 April 2022 18:18
Jakarta: Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak menilai penegakan hukum di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak pandang bulu. Dia merespons penetapan tersangka kasus mafia minyak goreng yang bukan orang sembarangan.
 
Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap dalang di balik kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng di Tanah Air. Mereka adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana.
 
Kemudian, tiga pimpinan perusahaan swasta, yaitu Master Parulian Tumanggor selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Stanley MA selaku Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group, dan Picare Tagore Sitanggang selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Presiden Jokowi sebagai pemimpin eksekutif tertinggi memberikan arah penegakkan hukum. Beliau sudah katakan tidak akan main-main dengan mafia minyak goreng. Kalau Presiden-nya ragu-ragu, pengungkapan kasus ini tentu tidak akan terlaksana,” ujar Barita melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
 
Baca: Langkah Kejagung Jadi Pintu Masuk Bongkar Lebih Banyak Mafia Minyak Goreng
 
Barita mengatakan keberhasilan pengungkapan kasus minyak goreng merupakan simbol ketegasan dan keberanian Jokowi. Bahkan, pada sidang kabinet terbatas Jokowi menginstruksikan Kejagung agar bergerak cepat menuntaskan permasalahan komoditas strategis itu.
 
“Saya kira sudah baik koordinasi yang dilakukan Presiden. Instruksi beliau tidak ada kepentingan. Murni melakukan penegakan hukum dan tegas. Berani memerintahkan Kejagung, dan Kejagung berani. Saya kira itu yang dibutuhkan saat ini,” jelas Barita.
 
Barita optimistis penegakan hukum akan berjalan dengan baik jika Kepala Negara memiliki keberanian serta ketegasan yang tinggi. Sehingga, Indonesia memiliki harapan untuk bisa menjadi negara yang bersih dari kasus korupsi.
 
“Karena banyak tantangan yg akan dihadapi. Serangan para pelaku kejahatan tidak bisa dihindari. Tapi dengan leadership, kepemimpinan yang tidak ragu-ragu, tegas ini akan menjadi satu momentum bahwa kita bisa menjadi negara yang bersih dari segala praktik yang menganggu perekonomian negara, serta menyelamatkan negara dari ancaman-ancaman seperti ini,” tutur Barita.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif