Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Polri Tunggu Arahan Soal Pemulangan WNI Eks ISIS

Nasional isis wni gabung isis
Cindy • 04 Februari 2020 17:13
Jakarta: Mabes Polri belum bisa memastikan kepastian pemulangan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) eks kombatan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilakukan. Polisi masih menunggu arahan pemerintah.
 
"Kita juga masih belum menginformasi kepastian kapan. Apakah betul akan dipulangkan? Kita masih menunggu informasi-informasi dari pemerintah," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Argo menuturkan pemulangan WNI tersebut bukan hanya menjadi wewenang Korps Bhayangkara. Persoalan ini juga jadi tugas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN) serta pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya kita masih dalam batas-batas koordinasi," ucap Argo.
 
Polri Tunggu Arahan Soal Pemulangan WNI Eks ISIS
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono. Foto: Medcom/Cindy
 
Kepolisian juga perlu melangsungkan rapat teknis bersama sejumlah lembaga atau kementerian terkait. Rapat itu bakal jadi forum polisi dan lembaga atau kementerian terkait saling memberi masukan soal nasib 600 WNI eks kombatan ISIS itu.
 
"Kita belum mendapatkan informasi untuk rapat teknisnya. Kita masih menunggu," ujar Argo.
 
Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan ingin memulangkan 600 WNI eks kombatan ISIS. Proses pemulangan akan terwujud dalam waktu dekat.
 
Menurut Fachrul, Indonesia memiliki kewajiban menerima dan membina WNI yang terpapar paham radikal. Sehingga, mereka bisa kembali menjadi warga negara yang baik.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif