Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Rendy Ferdiansyah)
Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Rendy Ferdiansyah)

KPK Ingatkan Penggunaan Mobil Dinas untuk Mudik Bisa Dipidana

Nasional KPK Mudik Lebaran ramadan Mobil Dinas Menteri Kendaraan Dinas Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Candra Yuri Nuralam • 20 April 2022 09:53
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan seluruh pejabat tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran 2022. Penggunaan mobil dinas untuk kepentingan pribadi bisa dipidana.
 
"Penggunaan fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi dapat menimbulkan konflik kepentingan, bertentangan dengan peraturan, dan memiliki risiko sanksi pidana," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
 
Penggunaan mobil dinas untuk mudik melanggar Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 87 Tahun 2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan, dan Disiplin Kerja. Beleid itu menegaskan penggunaan mobil dinas cuma bisa saat bertugas pada hari kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penggunaan mobil dinas untuk mudik juga diyakini bisa membuka celah korupsi. KPK juga menyebarkan Surat Edaran Nomor 09 Tahun 2022 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi terkait Hari Raya agar mobil dinas tidak dipakai mudik.
 
Baca: Pemkot Bengkulu Tak Tahu Larangan Mobil Dinas Dipakai Mudik
 
"Hal ini sebagai upaya pencegahan agar para pegawai di lingkungan KLPD (Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah) maupun BUMN/BUMD terhindar dari risiko penyalahgunaan fasilitas tersebut," tutur Ipi.
 
Seluruh pimpinan instansi pemerintahan diminta tegas melarang bawahannya menggunakan mobil dinas untuk mudik. KPK juga mengapresiasi pimpinan instasni pemerintahan yang sudah mengimbau bawahannya untuk mudik dengan kendaraan pribadi.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif