ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

KPK Segera Periksa PNS Bekasi yang Beri Uang ke Rahmat Effendi

Tri Subarkah • 07 Januari 2022 15:08
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi yang memberikan uang ke Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dalam dugaan tindak pidana korupsi terkait lelang jabatan. Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan pengusutan itu akan dilakukan melalui pemeriksaan saksi.
 
"Tentu kami akan dalami terkait hal tersebut lebih lanjut pada proses penyidikan. Kami segera mengagendakan pemeriksaan saksi dalam rangka melengkapi bukti permulaan yang telah kami miliki," kata Ali melalui keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Pepen, panggilan akrab Rahmat Effendi, diduga telah menerima sejumlah uang dari beberapa pegawai Pemkot Bekasi. Ketua KPK Firli Bahuri menduga uang itu digunakan untuk kegiatan operasional Pepen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dibantu Pihak Swasta, KPK Sudah Bidik Lama Wali Kota Bekasi
 
"Pada saat dilakukan tangkap tangan, tersisa uang sejumlah Rp600 juta," kata Firli.
 
Selain korupsi lelang jabatan, KPK juga menjerat Pepen terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa. Kasus itu diawali dengan penetapan APBD Perubahan Tahun 2021 oleh Pemkot Bekasi untuk belanja modal ganti rugi tanah dengan total anggaran Rp286,5 miliar.
 
Firli memastikan pihaknya akan mendalami keterlibatan anggota DPRD Kota Bekasi dalam penetapan APBD Perubahan tersebut. Firli berharap praktik korupsi terkait pengadaan barang dan jasa tidak terjadi lagi.
 
"Dengan keterbukaan dan transparansi, seharusnya tidak ada lagi korupsi karena tidak ada lagi ruang-ruang gelap yang bisa dijadikan transaksional," ucap Firli.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif