Sunarta dilantik menjadi Wakil Jaksa Agung. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Sunarta dilantik menjadi Wakil Jaksa Agung. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Sunarta Resmi Dilantik Jadi Wakil Jaksa Agung

Siti Yona Hukmana • 10 Januari 2022 13:23
Jakarta: Sunarta dilantik menjadi Wakil Jaksa Agung. Pelantikan dan serah terima jabatan dipimpin langsung Jaksa Agung Burhanuddin di Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, pada Senin pagi, 10 Januari 2022.
 
"Kegiatan prosesi mutasi dan promosi ini adalah suatu hal yang wajar dalam roda perputaran organisasi sebagai suatu kebutuhan institusi untuk lebih meningkatkan optimalisasi kinerja," kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis, Senin, 10 Januari 2022.
 
Burhanuddin berharap Sunarta yang mengganti Setia Untung Arimuladi dapat berperan aktif dalam menyusun strategi kebijakan. Kemudian, alat membantu pelaksanaan tugas pembinaan, pengembangan, dan penguatan organisasi Kejaksaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Burhanuddin, Wakil Jaksa Agung memiliki kedudukan sebagai Ketua Tim pada beberapa kebijakan strategis. Seperti Ketua Komite Teknologi Informasi dan Komunikasi Kejaksaan RI, Ketua Tim Pengarah Satu Data Kejaksaan, Ketua Tim Khusus Penuntasan Dugaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia Yang Berat, dan Ketua Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Kejaksaan RI.
 
"Sebagai Ketua Tim, saya harap saudara dapat segera menuntaskan pekerjaan tersebut dengan baik. Saya menekankan bahwa roda kinerja Kejaksaan akan berjalan dengan sangat cepat, efektif, dan efisien apabila data dan aplikasi yang tersebar di berbagai bidang dan satuan kerja dapat disatukan dan diintegrasikan dengan rapi," ungkap Burhanuddin.
 
Burhanuddin tidak hanya melantik Wakil Jaksa Agung. Orang nomor satu di Korps Adhyaksa itu juga melantik Jaksa Agung Muda Intelijen, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, dan Jaksa Agung Muda Pengawasan.
 
Baca: Wakil Jaksa Agung Diharap Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM
 
Pengambilan sumpah, pelantikan, dan serah terima jabatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 180/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik.
 
Kemudian, juga berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 181/TPA Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia.
 
Dalam surat keputusan itu, Sunarta dipilih menjadi Wakil Jaksa Agung RI. Lalu, Amir Yanto sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen, Febrie Adriyansyah sebagai Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, dan Ali Mukartono sebagai Jaksa Agung Muda Pengawasan.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif