NEWSTICKER
Poliri merilis kasus prostitusi online anak di bawah umur. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Poliri merilis kasus prostitusi online anak di bawah umur. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Bisnis Prostitusi Anak di Jakut Terbongkar

Nasional prostitusi
Candra Yuri Nuralam • 21 Januari 2020 16:59
Jakarta: Polda Metro Jaya membongkar bisnis prostitusi yang melibatkan anak di bawah umur di Penjaringan, Jakarta Utara. Enam orang diduga sindikat jasa prostitusi anak di bawah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.
 
"Enam pelaku yang ditetapkan tersangka dan sudah ditahan dengan peran mengekploitasi anak di bawah umur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Januari 2020.
 
Enam pelaku yang ditangkap berinisial R atau A, T atau A, D alias F, TW, A, dan E. Keenam itu mempunyai peran yang berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


R dan T berperan sebagai penyedia jasa prostitusi perempuan di bawah umur. Sementara D dan TW berperan menawarkan ke lelaki hidung belang. Sedangkan R dan T bertugas memaksa melayani lelaki hidung belang yang datang.
 
"R juga sebagai pemilik kafe itu, sedangkan T juga berperan sebagai mucikari di sini," ujar Yusri.
 
Menurut Yusri, tersangka D dan TW juga mencari calon pekerja seks komersial (PSK) di bawah umur dari media sosial untuk dipekerjakan di kafe. D dan TW kemudian menjual perempuan itu kepada R dan T seharga Rp750 ribu hingga Rp1,5 juta.
 
Sementara, tersangka R dan T ini mematok harga Rp150 ribu untuk lelaki hidung belang yang ingin ditemani oleh PSK di bawah umur. Sementara upah yang diterima para PSK di bawah umur hanya Rp60 ribu.
 
Atas perbuatannya, para tersangka diancam dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Juncto Pasal 296 KUHP dan Pasal 506 KUHP. Ancaman hukumannya, penjara di atas sepuluh tahun.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif