Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Sandiaga Dukung Pimpinan Baru KPK

Nasional Pimpinan Baru KPK
Antara • 21 September 2019 21:00
Jakarta: Mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno mendukung pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut Sandi, pimpinan baru KPK bisa memperkuat lembaga Antirasuah tersebut.
 
"Yang sudah terpilih, kita bantu mereka untuk memperkuat KPK guna menghadirkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi," kata Sandiaga, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 21 September 2019.
 
Sandi meminta lembaga negara dan elemen masyarakat bersatu untuk mendukung KPK agar lebih diperkuat. Apalagi, pascapolemik revisi Undang-undang KPK beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bersatu dan support, bantu KPK untuk benar-benar diperkuat sehingga agenda antikorupsi ini bisa berlanjut dengan baik ke depan," kata dia.
 
DPR telah memilih lima pimpinan KPK periode 2019-2023. Mereka yang terpilih berasal dari beragam latar belakang, yakni Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Kapolda Sumatra Selatan Irjen Firli Bahuri, hakim Pengadilan Tinggi Denpasar Nawawi Pomolango, advokat Lili Pintauli Siregar, dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej) Nurul Ghufron.
 
Pemilihan dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara yang diikuti oleh 56 anggota Komisi III. Setiap anggota Komisi III diberikan kertas suara untuk memilih lima dari 10 calon pimpinan KPK.
 
Setelah terpilih lima nama capim KPK, Komisi III langsung menggelar pemilihan ketua KPK jilid V. Firli terpilih jadi pimpinan tertinggi Korps Antirasuah.
 
DPR juga telah mengesahkan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Pengesahan lewat rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
 
Dengan demikian kelima pimpinan KPK resmi disahkan. Selanjutnya kelima nama itu bakal diberikan pada Presiden Joko Widodo untuk dilantik pada 21 Desember 2019.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif