Tanah Novanto di Jatiwaringin Rp6,4 Miliar

Juven Martua Sitompul 12 November 2018 11:30 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Tanah Novanto di Jatiwaringin Rp6,4 Miliar
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini akan menyerahkan sertifikat tanah milik mantan Ketua DPR Setya Novanto ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi. Penyerahan sertifikat sebagai tindak lanjut pembayaran uang ganti rugi atas kasus dugaan korupsi KTP-el.

"Tanah Novanto di Jatiwaringin, isteri yang bersangkutan menyerahkan surat kuasa dan sertifikat pada KPK sebagai bagian dari proses mencicil uang pengganti di kasus KTP-el," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 12 November 2018.

Menurut Febri, total pengganti uang tanah yang diserahkan BPN Kota Bekasi ke KPK sebanyak Rp6.435.322.000. Tanah itu memiliki harga cukup tinggi karena dilewati jalur kereta cepat Bandung-Jakarta.


"KPK telah menerima pembayaran uang pengganti tersebut melalui setoran disampaikan pada rekening penampungan KPK untuk selanjutnya segera disetor ke kas negara," pungkasnya.

Baca: Novanto Serahkan Dua Bidang Tanah Seharga Rp13 Miliar

Terpidana korupsi KTP-el Setya Novanto tercatat sudah tiga kali membayar uang pengganti dengan cara dicicil. Pertama, Novanto mengembalikan uang sebanyak Rp5 miliar.

Kedua, pada Mei 2018 lalu Novanto kembali mencicil uang pengganti sebesar USD100.000. Terakhir, Labuksi KPK mengeksekusi uang yang ada di dalam rekening Novanto sebesar Rp1.116.624.197.

Pengadilan Tipikor Jakarta telah menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada Setya Novanto. Selain hukuman pidana penjara, Novanto juga didenda sebesar Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan.

Novanto juga dituntut majelis hakim untuk membayar uang pengganti sebesar USD7,3 juta dikurangi uang yang telah dikembalikan Rp5 miliar subsider 2 tahun kurungan. Majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik Novanto selama lima tahun.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id