Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang. Foto: M Sholahadhin Azhar/Medcom.id
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang. Foto: M Sholahadhin Azhar/Medcom.id

Wakil Ketua KPK: Pimpinan Tanpa Integritas Bakal Dilibas

Nasional capim kpk seleksi pimpinan kpk
M Sholahadhin Azhar • 24 Agustus 2019 16:23
Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang percaya Lembaga Antirasuah bakal diisi pimpinan yang berintegritas. Saut menyebut pimpinan yang tak memiliki integritas bakal dilibas oleh internal KPK.
 
"Jadi orang-orang di KPK yang integritasnya terganggu, ya enggak akan lama, percaya deh. Dia enggak bisa bertahan lama," kata Saut di Kantor KPK, Sabtu, 24 Agustus 2019.
 
Menurut dia, ada sistem pertahanan yang dibangun KPK. Semua pegawai Komisi Antikorupsi menjadi antibodi bagi pihak yang tak punya integritas. Saut mencontohkan hal kecil terkait hal ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalian lihat sendiri, kita konferensi pers pakai batik lengan pendek saja dikritik habis oleh pegawai," kata dia.
 
Menurut Saut, budaya kritis ini dibiarkan berkembang dan dipelihara sebagai antibodi. Pimpinan KPK sengaja membiarkan pegawainya melemparkan kritik.
 
"Pegawai KPK itu kita minta seperti itu sampai kiamat. Pimpinannya dikritik sama dia, di-challenge sama dia, dan itu perintah UU. Itulah integritas di KPK," tegas Saut.
 
Baca:4 Polisi dan 3 Jaksa Lolos Seleksi Capim KPK
 
Atas dasar itu, Saut meyakini pimpinan KPK selanjutnya punya integritas. Jika tidak, mereka mengalami seleksi oleh pegawai. Pasalnya, komponen KPK punya kewenangan melakukan check and balance.
 
Pandangan Saut tak berlaku surut dan berlaku bagi semua pimpinan. Dia meyakini kandidat terpilih akan berpikir dua kali meski ada kepentingan politik atau lainnya yang harus diakomodasi.
 
Di sisi lain, Saut mengaku tidak ingin lagi berada di KPK. Dia ingin menjadi orang bebas. "Biar saya bebas ngomong, jadi enggak kena sanksi etik kalau saya ngomong," seloroh dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif