Neno Warisman dan Mardani Dipolisikan

Siti Yona Hukmana 15 Agustus 2018 01:01 WIB
pilpres 2019
Neno Warisman dan Mardani Dipolisikan
Pelapor Neno Warisman dan Mardani Ali Sera. Foto:Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas Emak Militan Jokowi Indonesia (Emji) melaporkan Neno Warisman dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera ke Bareskrim Polri. Laporan kepolisian terkait gerakan #2019gantipresiden.

Ketua Umum Emji Jati Erna Sahara menilai gerakan itu sengaja untuk memprovokasi masyarakat. Dia juga menilai ada unsur ujaran kebencian dalam kampanye gerakan #2019gantipresiden.

"Upaya-upaya mereka itu seolah-olah ingin menghalangi Pak Jokowi untuk dipilih kembali dan mereka memprovokasi masyarakat untuk tidak memilih beliau (Joko Widodo)," kata Jati di Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Agustus 2018.


Jati mengklaim punya sejumlah alat bukti untuk menguatkan laporan kepolisiannya. Salah satunya, cuplikan video deklarasi #2019gantipresiden. Ada dua cuplikan video yang diserahkan yakni deklarasi di Monas pada 6 Mei 2018, dan di Batam, Kepulauan Riau, pada 29 Juli 2018.

"Dalam video itu menyebutkan pemerintah berbohong soal kenaikan harga, soal kesenjangan sosial, kemiskinan, soal kalajengking, pencitraan, pembohong dan presiden harus diganti," ujarnya.

Jati juga menilai gerakan itu telah mencuri start kampanye. Dia  menyebut bakal melaporkan pula dugaan nyolong start kampanye itu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Laporan komunitas Emji ini diterima kepolisian dan teregistrasi dengan nomor LP/B/1004/VIII/2018/Bareskrim tertanggal 14 Agustus 2018. Dalam laporan, tercantum pula nama Ketua Front Perjuangan Rakyat Ketapang (FPRK) Isa Anshari sebagai terlapor. Para terlapor diduga melanggar Pasal 155 ayat (1) dan 156 Undang-undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id