Sidang Zumi Zola Ditunda
Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola. Foto: Medcom.id/Juven M. Sitompul
Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memutuskan menunda sepekan sidang pemeriksaan Zumi Zola sebagai terdakwa dalam perkara suap dan gratifikasi. Zumi tak dapat melanjutkan proses persidangan lantaran sakit.

"Sidang ditunda (sampai) Senin (29 Oktober 2018)," kata Ketua Majelis Hakim Yanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Pengacara Zumi, M Farizi, menjelaskan gubernur nonaktif Jambi itu tengah sesak napas. Zumi telah diperiksa dokter bahkan sebelum sidang.


Baca: Zumi Zola Mengaku Terima Alphard dari Pengusaha

Pihaknya juga telah melaporkan ihwal penyakit yang diderita Zumi kepada tim jaksa dan hakim. Tim kuasa hukum, kata dia, mengajukan permohonan berobat ke rumah sakit.

Menurut dia, Zumi sempat ngotot tetap mengikuti proses persidangan. Zumi ingin proses sidang perkara yang membelitnya cepat rampung. Ia sempat memaksakan diri menghadiri sidang pagi tadi.

"Sebetulnya Pak Zumi ngotot mau ambil sidang, namun hakim bilang tidak bisa, kami tidak mengambil keterangan kalau seperti ini (sakit)," kata Farizi.

Baca: 5 Legislator Bantah Terima Uang dari Zumi

Dalam sidang, jaksa menghadirkan sejumlah saksi untuk dikonfrontasi satu sama lain. Mereka ialah anggota DPRD Jambi M Juber, Elhelwi, Supardi, Cekman, Tadjuddin Hasan, dan Parlagutan. Ada pula Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Jambi Saifuddin.

Zumi Zola didakwa menyuap Rp16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu diduga untuk memuluskan pembahasan Rancangan Perda APBD Jambi Tahun 2017-2018.

Zumi juga didakwa menerima sejumlah gratifikasi dengan nilai total Rp44 miliar dan mobil Toyota Alphard. Gratifikasi diduga juga mengalir ke keluarga Zumi.





(OJE)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id