Menkopolhukam Wiranto--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo
Menkopolhukam Wiranto--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Menko Polhukam Kumpulkan Menteri Bahas Program Kerja 2017

Nasional kemenko polhukam
Dheri Agriesta • 03 Januari 2017 18:20
medcom.id, Jakarta: Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengadakan rapat koordinasi tingkat menteri yang pertama di tahun 2017. Rapat ini mengevaluasi pekerjaan tahun lalu, dan membahas rencana kerja tahun ini.
 
Pertemuan ini dihadiri 12 kementerian dan lembaga yang ada di bawah koordinasi Kemenko Polhukam. Pertemuan berlangsung sejak pukul 14.00 wib, hingga pukul 16.00 wib.
 
"Dalam pertemuan tadi sebenarnya kita membahas apa yang telah kita lakukan di tahun 2016. Dan kita mencoba mempersiapkan hal-hal yang akan kita lakukan di 2017," kata Wiranto usai pertemuan di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wiranto mengatakan, setidaknya ada beberapa gambaran umum yang akan dilakukan kementerian dan lembaga di bawah koordinasinya. Mantan Panglima ABRI ini membagi menjadi empat garis besar, seperti reformasi regulasi, stabilitas keamanan dan ketertiban, konsolidasi demokrasi dan efektivitas diplomasi dalam dan luar negeri, dan reformasi birokrasi.
 
"Jadi empat hal ini merupakan skala prioritas yang harus kita lakukan," ucapnya.
 
Untuk program tahun ini, Wiranto akan melanjutkan beberapa program yang telah dijalankan dan berjalan baik dari tahun lalu. Selain itu, ia juga menyegerakan pelaksanaan program yang belum dieksekusi, padahal sudah ditetapkan dari jauh hari.
 
Tak hanya itu, Wiranto bersama menteri dan kepala lembaga di bawahnya juga telah melakukan evaluasi baik dalam ranah nasional dan regional. Kata dia, dari evaluasi itu didapatkan peta tantangan, ancaman, dan hambatan yang akan dihadapi ke depan.
 
"Dan dari peta itu kita dapatkan apa yang akan kita lakukan di 2017, kita harus melakukan langkah terobosan untuk mengantisipasi ancaman, tantangan, dan hambatan bagi negeri ini," jelas dia.
 
Hasil dari pertemuan ini nantinya akan dibawa ke sidang kabinet paripurna bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kata dia, pembahasan dilakukan agar program yang dijalankan sesuai dengan kepentingan rakyat.
 
"Ini didasarkan dari masukan berbagai kalangan, dari masyarakat, sehingga kebijakan dalam bentuk program itu benar menjawab yang diinginkan masyarakat kita," jelas Wiranto.
 
Dalam rapat di Kemenko Polhukam ini turut hadir Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur.
 
Selain itu juga hadir Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Budi Gunawan, Jaksa Agung M Prasetyo, dan Kepala Badan Keamanan Laut Laksda Arie Sadewo.
 
(YDH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif