Ketua KPK Firli Bahuri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Ketua KPK Firli Bahuri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Perkara Harun Masiku, Firli: Pasti Kita Tuntaskan

Candra Yuri Nuralam • 25 Mei 2022 08:52
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji bakal menuntaskan berkas kasus dugaan suap yang menjerat buronan Harun Masiku. Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) meminta KPK untuk menyidangkan kasus suap Harun secara in absentia.
 
"Saya kira sudah banyak yang disampaikan, saya sekali lagi katakan sejauh ada cukup bukti dan ada berkasnya pasti kita tuntaskan," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Pihaknya masih mencari bukti untuk melengkapi berkas perkara yang dibutuhkan penyidik. Pencarian Harun juga masih dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"DPO (daftar pencarian orang) bukan hanya Harun Masiku. Jadi, saya kira itu adalah PR (pekerjaan rumah) kita untuk menyelesaikan," ujar Firli.
 
MAKI meminta KPK untuk menyidangkan Harun Masiku secara in absentia. Permintaan itu untuk menjaga kehormatan KPK.
 
Baca: Eks Penyelidik KPK Kembali Diminta Beberkan Lokasi Harun Masiku
 
"MAKI telah mengajukan permohonan proses hukum tanpa kehadiran (in absentia) HM (Harun Masiku) mulai penyidikan, penuntutan, dan persidangan di Pengadilan Tipikor," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman melalui keterangan tertulis, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Permintaan itu diajukan MAKI melalui surat elektronik. Sidang in absentia dinilai perlu dilakukan karena sudah hampir tiga tahun Harun menjadi buronan KPK.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif