Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Santunan Petugas KPPS Meninggal Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Nasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Antara • 22 Juli 2019 11:55
Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menargetkan santunan untuk 542 ahli waris petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal selama penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 rampung tahun ini. Verifikasi ahli waris terus dilakukan.
 
Sampai saat ini KPU telah menyalurkan santunan duka kepada 162 ahli waris di beberapa daerah. Seperti Banten, Bogor, Bekasi, Jakarta, Yogyakarta, dan sebagian daerah di Jawa Timur.
 
Pemberian santunan pada 380 ahli waris belum dilakukan lantaran masih mengurus administrasi."Ada persoalan administrasi yang belum selesai, salah satunya perihal penyaluran dana dari departemen keuangan, insyaallah dalam waktu dekat kami selesaikan semuanya," ujar Ilham dikutip dari Antara, Senin, 22 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:KPU Beri Bantuan ke Keluarga KPPS di DIY yang Meninggal)
 
KPU mencatat petugas KPPS meninggal 749 orang, 542 di antaranya sudah dilakukan verifikasi.
Nama yang tidak terverifikasi berarti tidak memenuhi syarat ketentuan. Salah satunya meninggal dunia di luar tanggal yang telah ditentukan yaitu sejak persiapan pemilu hingga 10 Mei 2019.
 
"Kita kan pakai uang negara, tidak boleh asal, harus betul-betul diverifikasi,'' kata Ilham.
 
Salah satu ahli waris, Tatie, menyambut baik pemberian uang Rp36 juta. Istri petugas KPPS di Bekasi, Sonny Soemarsono itu mengaku menggunakan uang santunan untuk membantu orang yang tidak mampu dan memperbaiki makam suami.
 
Dia bersyukur KPU tidak melupakan kematian suaminya pasca-bertugas sebagai penyelenggara Pemilu 2019. "Suami saya tidak ada riwayat penyakit, sehat-sehat saja. Mungkin karena usianya sudah 74 tahun dan sudah menjadi petugas KPPS sejak 2010,'' ujar Tatie.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif