Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Terduga Teroris Curi Motor untuk Modal Gabung MIT

Nasional terorisme
Ilham Pratama Putra • 05 September 2019 19:01
Jakarta: Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengungkapkan tiga terduga teroris yang ditangkap di Palu mencuri motor untuk bergabung dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Hasil curian dijual untuk memenuhi kebutuhan selama berlatih di hutan.
 
"Mereka melakukan aksi kejahatan dulu untuk mengumpulkan modal, logistik, dan perbekalan," kata Dedi di Mabes polri, Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2019.
 
Dedi menyebut ketiganya sudah memperhitungkan bakal sulit kembali ke desa bila sudah bergabung MIT. Dia mengungkapkan pencurian ini terungkap dari barang-barang yang ditemukan Densus 88 Antiteror Polri di rumah terduga teroris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sepeda motor tiga unit dari masing-masing tersangka, kunci T yang diduga bisa digunakan untuk pencurian kendaran bermotor, uang Rp1,8 juta kemudian ada alat komputer, dan printer," beber Dedi.
 
Densus 88 Antiteror Polri menangkap CA alias Enal, A bin U alias Angga, dan AS alias Putra alias Siregar di Palu Selatan, Sulawesi Tengah, Selasa, 3 September 2019. Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda.
 
Dedi menyebut dari penggeledahan di rumah ketiga terduga teroris Densus 88 menemukan bahan peledak. "Ada potongan besi, rangkaian kabel, pipa, bubuk-bubuk yang bisa digunakan untuk (membuat bom) low explosive atau high explosive," beber Dedi.
 
Densus 88 juga menemukan buku jihad, buku merakit bom, senapan angin, peluru angin, busur panah, ketapel besi, peredam senapan angin, teleskop, hingga parang. Penyidik tengah melakukan pemeriksaan mendalam pada ketiga tersangka.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif