Proses pemakaman Ipda Zazmi Diaz di Pemakaman Nagrog Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 4 April 2017. (Metrotvnews.com/Octa)
Proses pemakaman Ipda Zazmi Diaz di Pemakaman Nagrog Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 4 April 2017. (Metrotvnews.com/Octa)

Newsline

Stres Diduga Pemicu Anggota Polisi Bunuh Diri

Nasional polisi tewas
05 April 2017 18:07
medcom.id, Jakarta: Psikolog Forensik Reza Indragiri menduga stres menjadi pemicu anggota Polri melakukan bunuh diri. Penyebab anggota mengakhiri hidup, tidak selalu datang dari persoalan pribadi. Kadang, kata Reza, nstitusi berkontribusi terhadap tekanan yang dialami anggota saat menjalankan tugas.
 
"Saban kali ada kejadian tragis semacam ini saya selalu menolak memberikan tanggung jawab sepenuhnya hanya kepada si personel polisi. Saya coba mengaitkannya dengan bingkai organisasi," kata Reza, dalam Newsline, Rabu 5 April 2017.
 
Seringkali, kata Reza, institusi kepolisian mengabaikan hak asasi manusia yang dimiliki setiap anggota, dan pihak yang bertanggung jawab atas pelanggaran tersebut tentu adalah atasan anggota langsung. Ketidakmampuan anggota untuk menolak perintah atasan memunculkan sindrom John Wayne.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Perwira Brimob Bunuh Diri sempat Janji Pulang Hari Ini
 
"Mungkin ini suratan nasib menjadi polisi bahwa setiap kali mendapat penugasan hampir bisa dipastikan mustahil bagi personel untuk mengatakan tidak. Selalu jawabannya, siap 86. John Wayne syndrom berjangkit," kata Reza.
 
Pengabaian HAM terhadap personel juga diperparah dengan Undang-undang Kepolisian yang belum memberikan perlindungan secara penuh. Padahal jika dibandingkan dengan UU serupa seperti UU yang mengatur guru atau dosen, kedua profesi tersebut tegas dilindungi negara, sementara polisi tidak.
 
Tekanan yang besar kemudian memicu stres berlebihan pada diri anggota. Reza mengatakan sedikitnya ada empat penyebab stres yang dialami oleh anggota kepolisian. Stres karena organisasi yang berkaitan dengan kepangkatan dan kesejahteraan, stres operasional terkait situasi pascakrisis, stres personal akibat masalah pribadi dan stres sosial yang ditimbulkan dari ekspektasi masyarakat.
 
Baca juga:Polda Sulteng Telusuri Sebab Kematian Anggota Satgas Tinombala
 
"Persoalannya tidak sepele, ujungnya adalah kualitas layanan. Kalau kualitas layanan terhadap masyarakat menurun kemudian menaruh apatisme terhadap korps tribrata kita, yang terjadi adalah tingkat kepatuhan hukum juga akan menurun," jelas Reza.
 
Reza pun kemudian mengimbau kepada kepolisian agar insiden seperti ini tidak dilihat kasus per kasus atau personel per personel, tapi lebih kepada kaca mata dalam setting organisasi kepolisian itu sendiri.
 

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif