Aplikasi Korlantas Polri. ist
Aplikasi Korlantas Polri. ist

Mengurus SIM Online, Apakah Tetap Perlu Tes Kesehatan?

Adri Prima • 15 April 2021 15:01
Jakarta: Korlantas Polri meluncurkan aplikasi untuk pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diberi nama SIM Presisi Nasional (Sinar) pada Selasa, 13 April 2021. 
 
Aplikasi tersebut bisa diunduh di App Store atau Play Store. Sehingga, proses perpanjangan SIM tidak lagi merepotkan karena pemohon tidak perlu lagi datang ke Satpas SIM.
 
“Aplikasi ini baru. Berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon. Layanan uji teori dilakukan secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes,” ucap Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Dit Regident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Komisaris Besar Jati, dikutip dari situs Korlantas Polri.
 
"Khusus perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online, pemohon tidak perlu hadir ke Satpas,” sambungnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kehadiran aplikasi ini tentunya akan mempermudah masyarakat yang ingin mengurus SIM atau memperpanjang SIM. Pasalnya, pemohon tidak perlu repot datang ke Satpas SIM. 
 
Hanya, pengurusan SIM via aplikasi ternyata tetap membutuhkan tes kesehatan. Namun, caranya jauh lebih mudah. Proses tes kesehatan berlangsung lebih sederhana.
 
Permohonan tes psikologi dan kesehatan bisa diajukan melalui aplikasi SINAR. Untuk pemeriksaan kesehatan, pemohon melakukan pemeriksaan melalui e-rikkes atau elektronik pemeriksaan kesehatan dengan memilih menu registrasi dan memasukkan NIK dan foto diri atau selfie
 
Selanjutnya, pemohon akan mendapatkan booking code yang ditunjukkan saat kunjungan ke dokter. Adapun rekomendasi dokter pada aplikasi SINAR adalah dokter yang sudah direkomendasikan oleh Pusdokkes Polri.
 
Dokter akan melakukan update hasil pemeriksaan pada aplikasi e-rikkes. Apabila pemohon memenuhi syarat, maka hasil tes akan terkirim otomatis. Kalau tidak memenuhi syarat, perpanjangan SIM gagal. 
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif