Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani

Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK hingga Uji Materi MK Usai

Nasional Revisi UU KPK
Desi Angriani • 01 November 2019 20:37
Jakarta: Presiden Joko Widodo belum berencana menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK. Dia masih menunggu hasil uji materi atau judicial review terhadap UU KPK yang sudah bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK).
 
"Jangan ada, orang yang masih berproses, uji materi kemudian langsung ditimpa dengan sebuah keputusan yang lain," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Perppu hanya mengacaukan etika bertatakenegaraan bila dikeluarkan saat uji materi berlangsung. "Kita harus tahu sopan santun dalam bertatakenegaraan," ujar Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada tiga pihak yang mengajukan uji materi ke MK terkait UU No. 19 Tahun 2019 tentang KPK. Sidang uji materi masih bergulir.
 
Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman sebelumnya meminta pemohon uji materi terhadap UU KPK memperjelas gugatan formil dan materiel. Hal itu disampaikan dalam sidang pemeriksaan pendahuluan atas perkara bernomor 62/PUU-XVII/2019.
 
Dalam gugatan formil, pemohon mempermasalah prosedur pembuatan atau pembahasan RUU KPK yang dinilai tidak sesuai dengan ketentuan UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Aspek materiel, pemohon mempermasalahkan Pasal 11 UU KPK hasil revisi.
 
"Kalau misalnya uji formil saja, kan Pasal 11 yang Saudara uraikan dalam poin 24 ini bisa menyangkut materi substansi UU atau memang hanya ingin menunjuk Pasal 11 ini saja," ujar Hakim Konstitusi Anwar dalam sidang gugatan uji materi UU KPK, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif