Juru bicara KPK Febri Diansyah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Juru bicara KPK Febri Diansyah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

KPK Pertimbangkan Pengajuan JC Neneng

Nasional meikarta OTT Pejabat Bekasi
Kautsar Widya Prabowo • 15 Januari 2019 08:48
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan Bupati nonaktif Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengajukan permohonan Justice Collabolator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama. Permohonan bakal dipertimbangkan.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan pihaknya bakal mengamati persidangan kasus suap izin proyek Meikarta. Komisi menunggu fakta-fakta baru yang bakal disampaikan Neneng.
 
"Tetapi tentu kita tidak bisa langsung mengambil kesimpulan dari satu keterangan perlu kesesuaian antara satu saksi dengan saksi lain dan juga perlu analisis lebih lanjut dari fakta persidangan," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta Pusat, Senin, 14 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam persidangan kemarin, Nenang mengungkap fakta baru. Dia mengaku diminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk membantu proyek Meikarta.
 
(Baca juga:Nama Menteri Dalam Negeri Disebut dalam Sidang Meikarta)
 
"Tjahjo Kumolo bilang ke saya, tolong perizinan Meikarta dibantu. Lalu saya jawab, baik, Pak yang penting sesuai aturan yang berlaku," beber Neneng saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat, Senin, 14 Januari 2018.
 
Neneng mengajukan surat permohonan menjadi JC ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Surat permohonan JC disampaikan Neneng pekan lalu.
 
Neneng Hasanah Yasin ditetapkan sebagai tersangka bersama Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin proyek pembangunan Meikarta.
 
Dalam kasus ini, Neneng Hasanah dan anak buahnya diduga telah menerima hadiah atau janji dari Lippo Group terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Bekasi. Proyek yang akan digarap itu seluas 774 hektare dan dibagi dalam tiga tahapan.
 
(Baca juga:Neneng: Sekda Provinsi Jabar Minta Jatah Perizinan Meikarta)
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi