Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Hasil Lelang Harta 2 Narapidana Korupsi Laku Rp3,4 Miliar

Nasional KPK korupsi pajak Penegakan Hukum Pemberantasan Korupsi Lelang Hasil Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 25 April 2022 09:23
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyerahkan hasil lelang barang dari kasus rasuah ke negara. Kali ini, hasil lelang barang itu milik mantan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Yaya Purnomo dan mantan Direktur Utama PT HNW Sutrisno.
 
"Tim jaksa eksekutor, beberapa waktu lalu telah selesai melaksanakan lelang barang rampasan dari terpidana Yaya Purnomo dan kawan-kawan dan berhasil mengumpulkan total Rp3,4 miliar," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 25 April 2022.
 
Baca: KPK Rampas Rp419,9 Miliar Duit Koruptor Sepanjang 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Uang hasil lelang itu paling banyak didapat dari harta milik Yaya. Pertama, KPK berhasil melelang tanah milik Yaya di Jalan Dago Pakar Mawar III nomor 2B, Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.
 
Lalu, KPK berhasil melelang satu unit rumah milik Yaya yang ada di Jalan Dago Pakar Mawar II nomor 11, Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Rumah itu dilelang beserta bangunan yang ada di dalamnya.
 
Kemudian, KPK berhasil melelang 57 perabotan rumah tangga dan barang elektronik milik Yaya. Ke-57 barang itu laku Rp2,8 miliar.
 
"Sesuai dengan harga limit," ujar Ali.
 
Sementara itu, harta milik Sutrisno yang berhasil dijual yakni sebidang tanah dan bangunan di Malang, Jawa Timur. Tanah dan bangunan itu dijual dengan harga limit Rp566,98 juta.
 
"Laku terjual Rp600 juta dari harga limit Rp566 juta," tutur Ali.
 
KPK berharap uang hasil rampasan tersebut bisa mengembalikan kerugian negara dari tindakan korupsi kedua terpidana itu. KPK menegaskan akan terus memaksimalkan pengembalian aset negara ke depannya.
 
"Optimalisasi aset recovery dari hasil lelang barang rampasan perkara korupsi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih untuk pemasukan kas negara," ucap Ali.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif