Ilustrasi penangkapan pelaku. Medcom.id
Ilustrasi penangkapan pelaku. Medcom.id

Kejahatan di Ibu Kota Meningkat 10 Persen

Nasional polri Virus Korona kejahatan
Siti Yona Hukmana • 28 April 2020 01:19
Jakarta: Tindakan kriminal di DKI Jakarta meningkat 10 persen selama satu bulan terakhir. Para pelaku kejahatan disebut memanfaatkan momen Ramadan dan menjelang Idulfitri.
 
"Hasil analisa evaluasi ada kurang lebih sekitar 10 persen peningkatan kasus kriminalitas yang terjadi kalau kita bandingkan antara satu bulan ke belakang dari Maret sampai dengan April," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dalam konferensi pers daring di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 27 April 2020.
 
Nana menyebut peningkatan kejahatan juga terjadi pada Ramadan dan menjelang Idulfitri tahun lalu. Polisi telah mengetahui gerak gerik pelaku kejahatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kasus yang banyak terjadi antara lain pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), kemudian pencurian sepeda motor (curanmor), narkoba serta satu lagi masalah penipuan," beber Nana.
 
(Baca: 20.845 Kejahatan Terjadi Selama Pandemi Korona)
 
Nana menyebut pihaknya telah membentuk tim satuan tugas (satgas) antibegal dan preman dari jajaran Polda hingga Polres. Pihaknya mengedepankan fungsi pencegahan yang selama ini dilakukan tim Sabhara, Brimob, dan Binmas.
 
"Kita juga mengimbau peran serta masyarakat untuk lebih mengamankan dirinya ataupun menjadi polisi bagi masyarakat itu sendiri dan juga lebih meningkatkan sistem keamanan lingkungan di wilayahnya masing-masing," tutur Nana.
 
Dia memastikan dalam upaya menjamin keamanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, kepolisian bekerja sama dengan TNI. Nana menegaskan aparat penegak hukum siap mengamankan Ibu Kota.
 
"Kami imbau kepada masyarakat tentunya saat ini disampaikan bukan hanya curas, curat tetapi juga masalah kasus lain selain curanmor, narkoba, ataupun pembegalan yang terjadi, jadi kami berharap untuk kehati-hatian kalau pergi tidak sendirian, mengendarai kendaraan tidak sendirian, juga berhati-hati saat meninggalkan rumah," ujar dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif