Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.
Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.

KPK Pertajam Penyidikan Kasus Ricky Ham Pagawak Melalui 3 Saksi

Fachri Audhia Hafiez • 05 Agustus 2022 13:01
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah. Ketiganya adalah Direktur Utama PT Bina Karya Raya Simon Pampang, karyawan BUMD Kristius Pagawak, dan pendeta Andreas Konstan Pagawa.
 
"Ketiga saksi diperiksa untuk RHP (Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak)," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 5 Agustus 2022.
 
Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Namun, KPK belum membeberkan keterangan yang digali dari ketiga saksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK menetapkan Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah. Dia menjadi buronan karena mangkir dalam pemanggilan penyidik KPK.
 

Baca: Petinggi PT Midi Utama Indonesia Dicecar Aliran Duit Izin Pembangunan Retail


Ricky diduga kabur ke Papua Nugini. KPK meminta masyarakat tidak membantu pelarian Ricky. Bantuan terhadap buronan melanggar hukum.
 
"Jangan sampai ada pihak pihak yang mencoba melindungi oknum atau bahkan tersangka yang dicari oleh aparat penegak hukum," tegas Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2022.
 
Alex mengingatkan soal aturan hukum bagi pihak yang membantu buronan kabur. Tindakan itu masuk dalam upaya perintangan penyidikan.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif