Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Densus 88 Tegaskan Tak Pandang Bulu Tindak Tegas Anggota NII

Nasional terorisme Teroris Aksi Teror densus 88 Negara Islam Indonesia
Kautsar Widya Prabowo • 20 April 2022 10:06
Jakarta: Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri memastikan bakal menindak tegas siapa pun yang terlibat organisasi teroris Negara Islam Indonesia (NII). Densus 88 tak pandang bulu pada teroris.
 
"Selama bukti cukup ada di tangan maka siapapun yang terlibat tindak pidana terorisme akan berhadapan dengan penegakan hukum kita oleh Densus 88," kata Aswin kepada wartawan, Rabu, 20 April 2022.
 
Aswin mengingatkan risiko bagi anggota NII yang masih aktif. Para anggota NII dipastikan tak akan lolos dari penegakan hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena apa pun ceritanya konsekuensi dari bergabung atau menjadi bagian dari sebuah kelompok yang sudah dinyatakan sebagai kelompok terorisme akan berisiko," kata dia.
 
Pihaknya memiliki cara untuk mengawasi pergerakan anggota NII aktif. Terutama, untuk mencegah tindak pidana.
 
"Monitoring, observasi, kita punya cara sendiri terhadap anggota aktif NII itu. Sementara selebihnya kita tentu harapkan dengan adanya penangkapan atau penegakan hukum ini segera menghentikan dan meninggalkan ajaran dan kelompoknya ini," kata dia.
 
Baca: Polri Kantongi Bukti 16 Teroris NII Berencana Lengserkan Pemerintah
 
Sebanyak 16 tersangka terorisme kelompok NII ditangkap di sejumlah wilayah Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat, 25 Maret 2022. Sebanyak 12 tersangka di wilayah Dharmasraya dan empat tersangka di Tanah Datar.
 
Densus juga mendalami visi misi 16 tersangka terorisme kelompok NII itu. Mereka berencana melengserkan pemerintah menjelang Pemilu 2024.
 
"Barang bukti yang ditemukan juga menunjukkan sejumlah rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatra Barat, yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum Pemilu 2024," kata Aswin saat dikonfirmasi, Senin, 18 April 2022.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif