Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo/MI/Rommy Pujianto
Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo/MI/Rommy Pujianto

Mendes Pastikan Menghadiri Sidang Kasus Jual Beli Opini WTP

Nasional kementerian desa suap di bpk
Whisnu Mardiansyah • 20 September 2017 10:32
medcom.id, Jakarta: Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memastikan menghadiri sidang lanjutan kasus jual beli opini WTP yang menjerat dua anak buahnya. Eko akan menjadi saksi untuk terdakwa Sugito dan Djarot Budi Prabowo.
 
"Tidak ada persiapan (untuk menghadiri sidang). Kita harus mendukung penegakan hukum," kata Eko kepada Metrotvnews.com, Rabu 20 Oktober 2017.
 
Sidang dilaksanakan siang nanti. Sayangnya, Eko enggan membeberkan apakah ia bakal menunjukkan bukti-bukti dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti jawab saja pertanyaan yang ditanyakan ke saya apa adanya sesuai dengan yang saya ketahui," ucap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.
 
Mantan Irjen Kemendes PDTT Sugito dan anak buahnya, mantan Kepala Bagian TU dan Keuangan Jarot Budi Prabowo didakwa menjadi pemberi suap. Mereka mengumpulkan Rp240 juta dari sembilan Unit Kerja Eselon 1 Kemendes PDTT.
 
Uang tersebut kemudian diserahkan ke Auditor BPK Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli agar mengamankan status Laporan Keuangan Kemendes PDTT yang terancam mendapat Wajar dengan Pengecualian. Sebab, BPK RI mendapat temuan anggaran janggal Rp550,46 miliar.
 
Jaksa KPK kemungkinan juga akan menkonfirmasi ke Mendes Eko soal tindakan pejabat di sembilan direktorat yang dipimpinnya. Apalagi, Eko meneken perjanjian kinerja dengan Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi yang disebut turut berperan dalam suap ini, saat baru menjabat pada Oktober 2016.
 
Salah satu poin perjanjian terkait opini Laporan Keuangan Kemendes PDTT yang ditargetkan untuk meraih Wajar Tanpa Pengecualian.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif