Novanto Sebut Fee KTP-el Dibahas di Ruang Ade Komaruddin

Damar Iradat 21 Mei 2018 16:59 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Sebut <i>Fee</i> KTP-el Dibahas di Ruang Ade Komaruddin
Setya Novanto usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. Foto: Antara/Aprillio Akbar.
Jakarta: Mantan Ketua DPR Setya Novanto menyebut sejumlah pimpinan Badan Anggaran (Banggar DPR) membahas anggaran proyek KTP elektronik (KTP-el) di ruangan sekretaris Fraksi Golkar, Ade Komaruddin. Mereka membahas realisasi anggaran serta fee KTP-el tahun 2010-2011.
 
Hal tersebut diungkap Novanto saat bersaksi dalam sidang lanjutan perkara korupsi pengadaan KTP-el dengan terdakwa Anang Sugiana Sudihardjo.
 
Dalam kesaksiannya Novanto mengaku sempat melihat sejumlah pimpinan Banggar seperti Olly Dondokambey, Mirwan Amir, Melchias Markus Mekeng, Tamsil Linrung, beserta mantan Sekretaris Fraksi Demokrat Muhammad Nazaruddin, dan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.
 
"Waktu saya masuk ternyata mereka bicarakan rencana APBN 2010-2011. Saya persilakan saja bicarakan langsung di ruangan Ade Komarudin," kata Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 21 Mei 2018.

Baca: Anggota DPR Penerima Fulus KTP-el Masuk Dakwaan Novanto

Setelahnya, Andi Narogong dan Nazaruddin menyambangi ruangannya. Menurut dia, Andi saat itu melaporkan jika anggaran KTP-el tahun 2010-2011 telah terealisasi.
 
Selain itu, dalam pertemuan itu Novanto menyebut ada kesepakatan soal pembagian fee. Andi disepakati untuk memberikan fee kepada sejumlah anggota DPR.
 
Kendati demikian, Novanto mengaku tidak mengetahui besaran uang yang diberikan Andi kepada koleganya di DPR itu. "Di sana mungkin sudah terjadi pembagian fee. Angka-angkanya saya enggak tahu, yang tahu saudara Andi," jelasnya.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id