Juru bicara KPK Febri Diansyah. ANT/Reno Esnir.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. ANT/Reno Esnir.

Eks Anggota DPR Diperiksa Terkait Kasus Garuda Indonesia

Nasional kasus korupsi emirsyah satar tersangka
Kautsar Widya Prabowo • 19 November 2019 12:29
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa mantan anggota DPR Chandra Tirta Wijaya. Chandra diperiksa terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls Royes P.L.C dengan PT Garuda Indonesia (Persero).
 
"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi atas tersangka SS (Beneficial Owner Connaught International Pte Ltd Soetikno Soedarjo)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 19 November 2019.
 
KPK juga memanggil Direktur Utama PT Indonesia Advisory Duta Solusindo dan pihak swasta R Emmy Ridarty Sumangkut. Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka yang sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Dirut PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan pendiri PT Mugi Rekso Abadi sekaligus beneficial owner Connaught International Pte. Ltd Soetikno Soedarjo ditetapkan sebagai tersangka sejak Januari 2017. Hingga kini, keduanya belum juga dijebloskan ke jeruji besi.
 
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif memastikan kasus itu segera masuk ke meja hijau. "Tunggu saja, kasus Garuda akan segera disidangkan," kata Laode.
 
Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk transfer uang dan aset lebih dari US$4 juta atau setara Rp52 miliar dari perusahaan asal Inggris Rolls-Royce, di antaranya melalui pendiri PT MRA Group Soetikno Soedarjo dalam kapasitasnya sebagai Beneficial Owner Connaught International Pte.ltd.
 
Diduga suap terjadi selama Emirsyah menjabat sebagai Dirut PT Garuda Indonesia pada 2005 hingga 2014. KPK menduga Emirsyah juga menerima suap terkait pembelian pesawat dari Airbus.
 
KPK menyita sebuah rumah di daerah Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Rumah yang disita bernilai Rp8,5 miliar. Uang yang digunakan membeli rumah itu disinyalir berasal dari Soetikno Soedarjo.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif