Tersangka kasus dugaan suap pengurusan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen pada APBN-Perubahan 2016 Taufik Kurniawan. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Tersangka kasus dugaan suap pengurusan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen pada APBN-Perubahan 2016 Taufik Kurniawan. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Taufik Kurniawan Diganti Sebelum Pemilu

Nasional kasus suap kasus suap di kebumen suap bupati kebumen
Muhammad Syawaluddin • 21 Maret 2019 15:11
Makassar: Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan bakal segera diganti. Pergantian antar waktu terhadap kader Partai Amanat Nasional (PAN) itu direncanakan sebelum pemilihan umum serentak 2019 dilaksanakan.
 
"Penggantian diupayakan sebelum Pemilihan Umum. Tapi, harus ada persetujuan dari beliau," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, saat ditemui di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Pergantian terhadap Taufik bakal diproses mengingat saat ini kader PAN tersebut ditahan setelah dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pengalokasian DAK untuk Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN Perubahan 2016.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taufik diduga menerima duit dari eks Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Karena Taufik membantu menambah DAK Kabupaten Kebumen untuk pembangunan fisik Rp100 miliar di APBN Perubahan 2016.
 
Namun, untuk bisa memproses pergantian antar waktu tersebut pihaknya harus meminta persetujuan dari Taufik sehingga proses penggantian berjalan lancar. Apalagi itu salah satu syarat pergantian di DPR RI.
 
"Syarat penggantian adalah beliau harus setuju (diganti). Kalau tidak, prosesnya bisa panjang. Bahkan sampai masa jabatan selesai," jelasnya.
 
Baca:Taufik Kurniawan Ditahan
 
Sementara untuk pengganti Taufik Kurniawan, Zulkifli menyebut calonnya dari kalangan perempuan. Zulkifli ingin menempatkan kader perempuan pada jabatan pimpinan DPR RI untuk memberi kesempatan kepada kader perempuan agar berperan lebih besar di lembaga negara.
 
Dia mengatakan jika partai yang didirikan oleh Amin Rais tersebut menjadi satu-satunya yang menempatkan kader perempuan pada posisi pimpinan DPR RI. Apalagi saat ini PAN memiliki kader perempuan yang layak berada di posisi tersebut.
 
"Kalau kita taruh, itu satu-satunya pimpinan lembaga negara yang perempuan, dan dari Partai Amanat Nasional," jelasnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif