Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Antara/Akbar Nugroho Gumay
Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Antara/Akbar Nugroho Gumay

Kapolri Klaim 80% Masyarakat Puas Dengan Kinerja Polri

Nasional polri polisi
Dian Ihsan Siregar • 27 Desember 2018 15:50
Jakarta: Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja kepolisian disebut mengalami peningkatan. Angka tersebut diambil dari beberapa hasil survei di tahun ini.
 
"Dalam beberapa survei kepuasan terhadap kinerja Polri meningkat. Ada empat survei yang menyebutkan," kata Tito di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.
 
Tito menyebutkan, dari empat lembaga survei yang telah menerbitkan, rata-rata kepuasan kinerja kepolisian di posisi 80 persen. Misalkan, Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebutkan masyarakat puas pada kinerja kepolisian di tingkat 87,8 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kepuasan Masyarakat Terhadap Polri Meningkat
 
Survei Litbang Kompas, bilang Tito, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 82,9 persen. Survei yang dilakukan Kompas terjadi di Juli 2018.
 
"Survei Alvara yang dilakukan pada Mei 2018 juga mengakui bahwa tingkat kepuasan publik terhada polri mencapai 78,8 persen. Angka itu meningkat 1,6 persen dari posisi Februari 2018. Hasil itu membuat Polri di posisi terbaik ketiga bila dibanding lembaga lainnya, seperti BIN, KPU, MK dan MA," ungkap Tito.
 
Sementara survei dari The Gallup, lanjut dia, memberikan posisi negara aman yang ke-9 kepada Indonesia, dari total 142 negara lainnya yang juga di survei. "Indonesia peringkat 9, itu kepercayaan masyarakat terhadap petugas kepolisian dan perasaaan aman masyarakat dari gangguan kejahatan di Indonesia," paparnya.
 
Tito mengakui ada beberapa negara lainnya yang dipuncak atas. Seperti Singapura dan Hongkong. "Tapi ini telah bagus dan akan ditingkatkan lagi," pungkas dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif