Mahasiswa dari berbagai kampus di Tangerang Selatan melakukan aksi berjalan kaki untuk menolak pengesahan UU Omnibus Law di Pasar Jumat, Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Mahasiswa dari berbagai kampus di Tangerang Selatan melakukan aksi berjalan kaki untuk menolak pengesahan UU Omnibus Law di Pasar Jumat, Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Pangdam Jaya Ikut Buru Aktor di Balik Kerusuhan Demo UU Ciptaker

Nasional Omnibus Law Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja
Christian • 12 Oktober 2020 20:11
Jakarta: Pangdam Jaya Mayor Jenderal (Mayjen) Dudung Abdurachman memastikan bakal ikut mencari aktor di balik kerusuhan demo menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker), Kamis, 8 Oktober 2020. Dia menilai ada pihak yang 'bermain' dalam aksi massa itu.
 
"Aksi unjuk rasa kemarin itu diduga ditunggangi kelompok perusuh. Ini yang kita akan buru," ucap Dudung di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Menurut dia, massa perusuh sebenarnya hanya dijadikan alat demi kepentingan pribadi maupun kelompok aktor intelektual. Para mahasiswa dan buruh diyakini memang menyampaikan aspirasi terkait omnibus law itu tanpa adanya gesekan apalagi rusuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Niat mahasiswa dan buruh memang mau menyampaikan tuntutan UU Cipta Kerja," ucap jenderal bintang dua itu.
 
Dudung menjelaskan kelompok perusuh digerakkan untuk membenturkan aparat dengan masyarakat. Mereka, kata dia, ingin menciptakan kekacauan.
 
"Ini yang akan kita cari nanti," ungkap dia..
 
Baca: Pascademo UU Cipta Kerja, 1.000 Polisi Jalani Rapid Test
 
Massa dari buruh hingga mahasiswa berunjuk rasa buntut disahkannya UU Cipta Kerja. Aturan sapu jagat itu dianggap merugikan masyarakat kecil.
 
Namun, demo di Ibu Kota berujung kerusuhan. Perusuh membakar halte bus TransJakarta, pos polisi, dan mobil berpelat merah. Mereka juga merusak lampu lalu lintas serta fasilitas lainnya.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif