Penyidik KPK Novel Baswedan di lobi Gedung KPK, Rasuna Said, Jakarta. Foto: MI/Susanto
Penyidik KPK Novel Baswedan di lobi Gedung KPK, Rasuna Said, Jakarta. Foto: MI/Susanto

Penyerang Novel Terima Divonis Lebih Berat dari Tuntutan

Nasional novel baswedan
Yurike Budiman • 17 Juli 2020 07:43
Jakarta: Dua terdakwa penyerang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis siap menjalankan vonis dari hakim. Keduanya dihukum dua tahun dan 1,5 tahun penjara, lebih berat dari tuntutan jaksa yakni satu tahun penjara.
 
"Saya menerima, Yang Mulia," kata Rahmat kepada ketua majelis hakim, Djuyamto, dalam sidang yang digelar dalam telekonferensi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Kamis, 16 Juli 2020.
 
Senada, Ronny menerima hasil putusan hakim yang menghukumnya dengan vonis 1,5 tahun. Ronny berperan sebagai pengendara motor yang turut membantu melancarkan aksi penyerangan air keras yang dilakukan Rahmat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Siap, terima kasih, Yang Mulia. Kami menerima putusannya, Yang Mulia," kata Ronny.
 
Penyataan keduanya didukung penasihat hukum terdakwa yang hadir langsung di PN Jakarta Utara. Tak ada yang menyatakan keberatan saat mendengar putusan hakim. Mereka tidak akan menempuh banding terhadap vonis tersebut.
 
"Pastinya menerima karena dari para terdakwa sudah menerima. Yang bersangkutan sudah menerima, yang menjalani adalah terpidana bukan penasihat hukum," kata salah satu pengacara terdakwa, Widodo.
 
Baca: Dua Penyerang Novel Baswedan Divonis 2 dan 1,5 Tahun Penjara
 
Menurut dia, proses persidangan telah berjalan sesuai prosedur. Vonis hakim dinilai telah sesuai dengan fakta-fakta selama persidangan. Sejak awal persidangan dimulai, majelis hakim telah membacakan kembali seluruh keterangan para saksi dan juga alat bukti yang ada.
 
"Menurut kami sudah sesuai proses pertimbangan fakta sidang hakim seperti itu. Kita tidak bisa memberikan pendapat lain," jelas Widodo.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif