Chairuman Ngotot Membantah Ikut Membahas KTP-el
Chairuman Harahap/MI/Ramdani
Jakarta: Mantan Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap ngotot membantah menghadiri sejumlah pertemuan dengan sejumlah pengusaha pelaksana proyek KTP berbasis elektronik (KTP-el). Ia mengklaim sama sekali tak terlibat kasus tersebut.

"Tidak pernah. Ini kan banyak. Tapi saya pastikan saya tidak pernah," ujar Chairuman saat bersaksi untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Agustus 2018.

Namun, jaksa meyakini Chairuman pernah ikut beberapa pertemuan. Di antaranya, di Equity Tower, kantor milik Setya Novanto. Dugaan itu diperkuat keterangan saksi lain.


Menurut jaksa, pertemuan itu dihadiri Andi Agustinus alias Andi Narogong, pemilik PT Sandipala Arthaputra Paulus Tannos, dan Almarhum pemilik PT Biomorf Johannes Marliem. Pertemuan itu juga dihadiri Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman.



Chairuman juga mengikuti pertemuan di Restoran Peacock, Hotel Sultan, yang juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Diah Anggraini. Diah membenarkan itu dalam persidangan hari ini.

"Seingat saya ada Pak Chairuman," ujar Diah.

Politikus Partai Golkar itu tetap teguh dengan keterangannya. Ia bahkan menyebut hal itu bisa diperkuat melalui kesaksian Irman.

"Waktu sidang lalu sudah dijelaskan sama Irman, saya tidak hadir. Ngapain pula saya hadir, cuma makan-makan doang," ketus Chairuman.

Chairuman pernah menjadi saksi untuk Irman dan Sugiharto, Andi Narogong, Setya Novanto, dan Anang Sugiana Sudihardjo. Ia konsisten membantah terlibat dalam perkara korupsi yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id