Fuad Amin. Foto: MI/Susanto
Fuad Amin. Foto: MI/Susanto

Uang “Haram” Rp222 Miliar Milik Fuad Amin Dirampas Negara

Nasional fuad amin imron
Yogi Bayu Aji • 31 Agustus 2016 19:30
medcom.id, Jakarta: Negara merampas uang Rp222 miliar milik Mantan Ketua DPRD Bangkalan Fuad Amin, Selasa 30 Agustus. Uang itu diduga hasil korupsi. Proses hukum ini dilaksanakan setelah putusan kasus yang menjerat Fuad berkekuatan hukum tetap.
 
"Jaksa eksekusi KPK telah menyerahkan uang rampasan ke kas negara jumlahnya Rp222 miliar," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di kantor KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan Jakarta, Rabu (31/8/2016).
 
Fuad Amin sudah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jumat siang 29 Juli. Eksekusi pada mantan Bupati Bangkalan itu setelah proses kasasi yang diajukan ke Mahkamah Agung selesai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi Fuad dan mengabulkan permohonan kasasi penuntut umum. Dia divonis 13 tahun penjara dan denda Rp5 miliar subsidair satu tahun kurungan.
 
Hakim Agung juga menjatuhkan pidana tambahan. Hak memilih dan dipilih milik Fuad, dalam pemilihan yang diselenggarakan berdasarkan peraturan yang diselenggarakan selama lima tahun terhitung sejak terpidana selesai menjalani pidana penjara, dicabut.
 
Fuad dinilai terbukti menerima duit sejumlah Rp15,450 miliar dari PT Media Karya Sentosa (MKS). Duit diberikan sebagai balas jasa karena Fuad mengarahkan perjanjian konsorsium dan perjanjian kerja sama antara PT MKS dan PD Sumber Daya serta memberikan dukungan untuk PT MKS kepada Codeco Energy co. limited terkait permintaan penyaluran gas alam ke gili timur sehingga PT MKS mendapat pasokan gas dari PT Pertamina EP.
 
Fuad juga terbukti melakukan pencucian uang sejak dia menjabat sebagai ketua DPRD Bangkalan dalam kurun waktu Oktober 2010-2014 sejumlah Rp197,224,290,864. Uang tersebut diterima dari PT MKS dan penerimaan dari SKPD sejumlah 10 persen.
 
(TRK)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif