Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Dok. Istimewa
Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri. Dok. Istimewa

KPK Berhasil Rampas Aset Korupsi Sampai Rp303,89 M Sepanjang 2022

Candra Yuri Nuralam • 08 September 2022 08:10
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan terus memaksimalkan perampasan aset terkait kasus rasuah untuk mengembalikan kerugian negara. Lembaga Antikorupsi sudah merampas ratusan miliar rupiah aset hasil rasuah sepanjang 2022.
 
"Tercatat hingga Agustus 2022, ini KPK telah melakukan perampasan aset atau asset recovery sebesar Rp303,89 miliar," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 8 September 2022.
 
Ali mengatakan angka itu berasal dari denda, uang pengganti, rampasan, dan penetapan status penggunaan. Semuanya dipastikan sudah berkekuatan hukum tetap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK berharap upaya perampasan aset bisa makin maksimal ke depannya. Salah satu upaya yang memaksimalkan upaya perampasan aset, yakni pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset.
 
"Agar pemberantasan korupsi tidak hanya untuk memberikan efek jera bagi para pelakunya, tapi juga memberikan sumbangsih penerimaan ke kas negara sebagai salah satu pembiayaan pembangunan nasional," ujar Ali.
 

Baca: Firli Pamer Capaian Penanganan Kasus Selama Januari-Agustus 2022


Sebelumnya, KPK ingin mengelola pendapatan negara bukan pajak (PNBP). Lembaga Antikorupsi pun meminta bantuan Komisi III DPR agar bisa mengelola sumber pendapatan tersebut.
 
"Karena kami tidak mampu bersuara di tempat lain maka kami bersuara di Komisi III DPR," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 7 September 2022.
 
Eks Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) itu menyampaikan hanya KPK dari seluruh instansi di negara ini yang tidak mengelola PNBP. Klaim tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif