Polisi menangkap sindikat peretas situs. Foto: MTVN/Lukman Diah Sari
Polisi menangkap sindikat peretas situs. Foto: MTVN/Lukman Diah Sari

Newsline

Penyelenggara Sistem Elektronik Wajib Mengamankan Aktivitas Pengguna

Nasional hacker
03 April 2017 19:04
medcom.id, Jakarta: Pengamat IT Ruby Alamsyah menilai kasus pembobolan situs penjualan tiket online yang baru-baru ini terbongkar merupakan kasus sederhana yang sering terjadi.
 
Masyarakat banyak yang tidak tahu bahwa penyelenggara sistem elektronik wajib memberikan keamanan bagi pelangggan untuk mengakses perbankan maupun belanja secara online. Celah ini yang biasa digunakan penyelenggara untuk berkilah bahwa kesalahan bukan berasal dari sistem penyelenggara melainkan keamanan dari perangkat pribadi pengguna.
 
"Kasus yang sudah setahun terjadi yang banyak orang kebobolan baru satu, dua minggu ini pihak perbankan merapikan sistemnya. Dulu bilangnya bukan sistem perbankan tapi kemudian terbukti bahwa sistem perbankan yang salah," kata Ruby, dalam Newsline, Senin 3 April 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kewajiban menjaga keamanan pelanggan saat mengakses perbankan juga diamini oleh Direktur Keamanan Informasi Kementerian Kominfo Aidi Chendramata. Menurutnya penyelenggara sistem elektronik bertanggung jawab atas keamanan konsumen. Hal ini sesuai dengan Pasal 25 UU ITE.
 
"Pasal 15 ditegaskan bahwa penyelenggara sistem elektronik harus menyelenggarakan sistem elektronik secara aman, andal dan bertanggung jawab. Ini amanah Undang-undang yang harus disadari oleh penyelenggara," kata Aidil.
 
Untuk memastikan bahwa amanah tersebut dilaksanakan, Aidil mengatakan pihaknya sudah membentuk unit-unit keamanan yang memonitor ancaman serangan yang masuk ke jaringan. Unit itu ada yang berasal dari komunitas dan pemerintah. Unit-unit ini diharapkan bisa memonitor dan melakukan pengawasan sesuai perundangan meskipun tidak secara langsung.
 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif