Rekomendasi Pansus Century Masih Berlaku
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Ahmad Muzani, anggota Tim 9 Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Bank Century, mengatakan rekomendasi Pansus masih berlaku. Hal itu menanggapi artikel di media daring Asia Sentinel yang menyebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai dalang kasus megaskandal Bank Century.

"Rekomendasi paket C itu kan antara lain menyebutkan bahwa diminta kepada lembaga-lembaga penegak hukum untuk mengambil tindakan-tindakan kepada mereka yang dianggap bertanggung jawab. Rekomendasinya sampai sekarang masih berlaku," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.

Soal tindak lanjut kasus ini, politikus Partai Gerindra itu menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum, salah satunya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejauh ini, kasus itu baru menyeret satu tersangka, Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang Pengelolaan Moneter Budi Mulya.


"Jadi dari KPK sudah melakukan tindakan terhadap sejumlah nama yang dianggap bertangung jawab terhadal persoalan Century. Apakah itu akan dilanjutkan atau tidak, itu dikembalikan kepada penegak hukum," jelas dia.

Baca: Laporan Asia Sentinel soal SBY Menghilang

Muzani adalah satu dari sembilan orang inisiator pembentukan Pansus Hak Angket Bank Century atau dikenal dengan tim 9. Tim ini beranggotakan Maruarar Sirait dari PDI Perjuangan, Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, Chandra Tirta Wijaya dari PAN, Andi Rahmat dari PKS, M Misbakhun dari PKS, Lily Wahid dari PKB, Kurdi Moekri dari PPP, Akbar Faizal dari Partai Hanura, dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. 

Kasus Century kembali menjadi buah bibir setelah diulas Asia Sentinel dengan judul "Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy". Berita itu ditulis John Berthelsen mengulas hasil investigasi kasus ball out Bank Century.

Menurut artikel tersebut, pemerintahan SBY telah melakukan konspirasi kriminal terbesar mencuri dana USD12 miliar dari pembayar pajak. Dana itu dicuci melalui bank-bank internasional.




(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id