NEWSTICKER
Terpidana kasus korupsi KTP-elektronik Setya Novanto mengajukan Peninjauan Kembali (PK). Foto: MI/Susanto
Terpidana kasus korupsi KTP-elektronik Setya Novanto mengajukan Peninjauan Kembali (PK). Foto: MI/Susanto

Pemindahan Novanto Diklaim Sesuai Prosedur

Nasional setya novanto
M Sholahadhin Azhar • 27 Desember 2019 17:13
Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengeklaim pemindahan tahanan korupsi KTP-elektronik Setya Novanto ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, sudah sesuai prosedur. Pemindahan jadi bagian pelaksanaan hak warga binaan.
 
"Proses pemindahan Setya Novanto sesuai prosedur, dimana narapidana dapat dipindahkan sementara untuk menjalani berobat terencana dan rawat inap apabila letak rumah sakit yang dirujuk di luar provinsi setempat," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Ade Kusmanto di Jakarta, Jumat, 27 Desember 2019.
 
Ade mengatakan ada sejumlah aturan yang menjadi rujukan pemindahan Novanto. Misalnya, Pasal 17 ayat (1) dan (2) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aturan lain yang mendasari pemindahan Novanto yakni keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan bernomor PAS-35.OT.02.02 Tahun 2018. Regulasi itu memperbolehkan Novanto dipindah karena terkait perawatan eks Ketua DPR itu di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.
 
Pemindahan Novanto juga sesuai surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS.258.PK.01.06.01 Tahun 2017 tanggal 28 Desember 2017. Dasar lainnya yaitu sidang tim pengamat pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada 27 November 2019.
 
Terpidana kasus korupsi Setya Novanto menjalani rawat jalan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, akibat sesak napas yang diderita. Novanto pun dititipkan di Lapas Cipinang sejak Kamis, 26 Desember 2019.
 
"Dia kan berobat di Rumah Sakit Gatot Subroto Jakarta. Jadi, setiap warga binaan berobat ke luar provinsi, maka sementara dititipkan ke LP setempat," kata Kadivpas Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris saat dihubungi, Jumat, 27 Desember 2019.
 
Aris mengatakan Novanto dikawal oleh petugas Lapas dan kepolisian saat menjalani rawat jalan. Penjaga Novanto merupakan petugas Lapas Cipinang. "Minimal pegawai dua dan polisi satu. Itu Cipinang yang menangani," kata Aris.
 
Aris belum dapat memastikan kapan Novanto kembali ke Lapas Sukamiskin. Kepastian itu menunggu rekomendasi pihak RSPAD Gatot Subroto.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif