Direktur Utama nonaktif PLN Sofyan Basir di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor). ANT/Sigid
Direktur Utama nonaktif PLN Sofyan Basir di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor). ANT/Sigid

Sofyan Basir Pasrah Menghadapi Putusan Eksepsi

Nasional tipikor
Candra Yuri Nuralam • 08 Juli 2019 08:27
Jakarta: Direktur Utama nonaktif PLN Sofyan Basir akan kembali menghadapi persidangan di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) hari ini. Hari ini diagendakan pembacaan putusan dari eksepsi yang dia layangkan.
 
Pengacara Sofyan Basir, Susilo Aribowo mengatakan tidak ada persiapan khusus menghadapi sidang hari ini. Kuasa hukum masih santai lantaran cuma menghadapi sidang putusan eksepsi.
 
"Tidak ada persiapan khusus, pasrah saja karena cuman mendengarkan putusan eksepsi, harapannya mudah-mudahan bisa dikabulkan," kata Susilo kepada Medcom.id, Senin 8 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Susilo mengatakan siap menerima semua hasil yang akan dibacakan nanti. Dia dan tim kuasa hukum sudah pasang badan.
 
Sebelumnya, kubu Sofyan Basir menyatakan lima eksepsi keberatan dalam persidangan. Pertama, penuntut umum dinilai berlebihan dengan menggunakan pasal 15 undang-undang tindak pidana korupsi dan pasal 56 ayat 2 KUHP. Kedua pasal itu dinilai sama dan berbelit.
 
Kedua, kuasa hukum mempertanyakan keterlibatan Sofyan Basir yang didakwakan penuntut umum. Dalam dakwaan dipersidangan terlebih dahulu fakta yang ditulis adanya kesepakatan antara Johanes Kotjo dengan Eni Saragih mengenai pemberian fee atau suap sebesar 25,5 persen.
 
Ketiga adalah ketidakkonsistenan penuntut umum dalam memberikan pasal. Penuntut umum dinilai ragu dengan penepatan pasal yang mengenai kliennya.
 
Keempat, kuasa hukum mempertanyakan status penangkapannya. Sofyan Basir sama sekali tidak menerima uang atas kasus yang menimpanya.
 
Terakhir, kuasa hukum mengklaim Sofyan Basir tidak mengetahui adanya suap atas keterlibatannya. Sofyan hanya memberikan fasilitas tanpa mengetahui adanya praktik haram di dalamnya.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif